LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Beraksi Lagi!! Koramil Trumon Kembali Padamkan Kebakaran Lahan

ACEH SELATAN - Kejadian kebakaran lahan hutan kerap terjadi di wilayah Trumon, bukan kali ini saja oknum masyarakat yang melakukan pembersihan lahan kebun dengan cara membakar.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Koramil 09/Trumon untuk memberikan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat akan bahaya membakar lahan dengan ajakan melalui pendekatan komunikasi sosial maupun sosialisasi.

Namun sampai saat ini masih juga segelintir oknum yang menafikan upaya pencegahan yang telah dilakukan aparat keamanan, khususnya Koramil Trumon. 

Lihat saja, sejumlah anggota TNI dari Koramil Trumon Kodim Aceh Selatan harus beraksi kembali memadamkan kebakaran lahan dan berjibaku dengan api di kawasan hutan Desa Kapa Sesak, Kecamatan Trumon Timur Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (21/10/2017). 

Menurut informasi yang diperoleh dari Danramil 09/Trumon Kapten Inf Muhammad Nasir, Adapun luas lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 5,5 hektar, dengan tersebut pemilik lahan yaitu Abu Alim (28), Mansurdin (35) dan Isudin (28).

"Lahan kebakaran itu berjarak 3,11 kilometer dari jalan utama/jalan raya, masih jalan kebun juga," kata Danramil Trumon Kapten Inf Muhammad Nasir kepada Pendim0107Asel.

Lebih lanjutnya ia menyampaikan, membuka lahan dengan membakar sangat bahaya karena akan merambah ke hutan luas. Apalagi ini musim kering dan suhu sangat panas.

"Ini sangat berbahaya, dampaknya akan sangat merugikan jika sempat meluas, api sangat cepat membakar pohon dan ranting karena semuanya kering," ungkap Kapten Nasir.

Para Babinsa bersama anggota Polsek dan masyarakat berusaha mengambil langkah cepat turun kelokasi memadamkan api dengan cara tradisional seperti memukul api dengan ranting dan daun daun yang ada disekitar lahan.

Hingga saat ini api telah dapat dipadamkan dan pihak berwajib masih melakukan penyelidikan lebih lanjut terkait penyebab kebakaran.[Pen Dim]

Baca Juga