Dandim Aceh Selatan Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

ACEH SELATAN - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2017, Kodim 0107/Aceh Selatan menyelenggarakan Upacara, bertempat di lapangan apel Makodim Desa Lhok Bengkuang Timur Kecamatan Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (01/10/2017).

Upacara yang berlangsung khidmat tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara yaitu Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto, Perwira upacara Pasipers Kodim 0107/Aceh Selatan Kapten Inf Alfonso, Komandan upacara Danramil 05/Samadua Kapten Inf Rahman, pembaca pembukaan UUD 1945 Danramil 01/Tapaktuan Kapten Inf Amri Umari, Pembaca Ikrar Kesetiaan Pasi Intel Kapten Inf Edi Muljo Pudjiono serta diikuti oleh seluruh personel TNI jajaran Kodim Aceh Selatan, PNS dan Satuan Disjan yang ada di wilayah Kodim 0107/Asel.


Usai upacara, Komandan Kodim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto kepada Pendim0107Asel mengatakan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan setiap 1 Oktober untuk memperkokoh keyakinan terhadap pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia dan satu upaya agar kita semua selalu mengingat sejarah perjuangan bangsa sebagai dasar dalam menjalani kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

"Menanamkan keyakinan pada TNI dan masyarakat bahwa Pancasila sudah final tidak ada yang boleh menggantikan, namun sejarah kelam pernah terjadi pengkhianatan PKI yang akan menggulingkan pancasila," terang Dandim.

Selain itu,  Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan 1 Oktober karena pada saat itu ada peristiwa kejam dan keji atas pengkhianatan PKI dan antek - anteknya terhadap pancasila dan negara.

"Aksi PKI diberi nama G 30 S PKI dengan tragedi pembunuhan para Jenderal yang mempertahankan pancasila, namun berkat perjuangan TNI dan pengorbanan mereka rencana itu gagal, maka ditetapkanlah menjadi hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober yang diperingati setiap tahun," ungkap Dandim.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini merupakan wujud kita membulatkan tekad dalam mempertahankan serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai kekuatan untuk menggalang kebersamaan dalam memperjuangkan, serta menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI.[Red]

Baca Juga