HUT TNI ke-72, Presiden Jokowi Instruksikan TNI Jadi Kekuatan Terbesar di Asia

IST
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengintruksikan pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) agar menjadi kekuatan pasukan yang terbesar di kawasan Asia. Jokowi menegaskan dengan angkatan bersenjata yang profesional Indonesia akan disegani oleh negara lain. Atas kekuatan yang dimiliki oleh TNI, Jokowi yakin kehebatan pasukannya dapat menjadi garda terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan republik Indonesia (NKRI).

"TNI harus menjadi kekuatan besar di regional Asia. TNI menjadi garda terdepan menjaga NKRI,menunjukkan kehebatan pasukan kita," tegas Jokowi dalam pidatonya saat menjadi Inspektur Upacara,Kamis (05/10/2017).   

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan tentang kewajiban TNI menjalankan politik negara. Politik negara yang dimaksudkan Jokowi yakni TNI harus loyal terhadap negara dan setia terhadap pemerintahan yang sah. "Berada diatas semua golongan dan tidak masuk ke politik praktis, dan menjamin keutuhan nasional serta soidaritas anak bangsa dan komponen bangsa," tukasnya.

Jokowi pun meminta semua komponen menjalankan kewajibannya dengan tanggung jawab yang penuh sehingga kepercayaan internasional dapat terbangun dengan baik. 

Mantan Walikota Solo itu mengajak TNI untuk waspada terhadap pihak-pihak yang berusaha merongrong kedaulatan NKRI baik dari luar dan juga dalam negeri. "Tidak ada pilihan lain bahwa Indonesia adalah negara stabil, sinergi TNI dengan pemerintah harus ditingkatkan," pungkasnya.[Okezone]

Baca Juga