Ini Seruan Kepada Muballigh/at Muhammadiyah di Seluruh Indonesia

JAKARTA - Indonesia merupakan salah satu negara berpenduduk dengan pemeluk agama Islam terbesar di seluruh dunia. Tentu banyak upaya-upaya dari pihak-pihak tertentu untuk memecah belah persatuan ummat Islam di Indonesia. Maka dengan ukhuwah Islamiyah yang kuat, muslim akan bersatu dan dengan persatuan itu, umat Islam akan menjadi umat yang kuat dan akan memenangkan dakwah Islam di atas agama-agama yang lain.

Salah satu himbauan tersebut disampaikan Wakil Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, Risman Muchtar dalam siaran pers yang diterima LintasAtjeh.com, Sabtu (07/10/2017).

Dengan memiliki komitmen yang kuat sebagai mujahid dakwah kami mengajak seluruh Muballigh/at untuk:

Pertama, mengutamakan kajian-kajian penguatan aqidah dan penanaman tauhid yang bersih dari segala bentuk kemusyrikan termasuk mencintai dunia secara berlebihan, karena dengan aqidah Islamiyah yang kuat dan iman tauhid yang benar, kita akan mampu menegakkan syariat Islam dalam kehidupan kita sebagai pribadi, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara menuju terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

Kedua, mengajak umat Islam untuk memperkuat Ukhuwah Islamiyah tanpa dibatasi oleh sekat-sekat perbedaan organisasi, partai, suku, mazhab, berbagai kepentingan hidup duniawi, dan kepentingan politik dan ekonomi jangka pendek, karena dengan Ukhuwah Islamiyah yang kuat, kita akan bersatu dan dengan persatuan itu umat Islam akan menjadi umat yang kuat dan akan memenangkan dakwah Islam di atas agama-agama yang lain.

Ketiga, mendorong setiap pribadi muslim untuk ambil bagian tanggung jawab dalam melaksanakan tugas dakwah, karena dengan dakwah yang gencar itulah kita akan mampu menghadapi dan menyelesaikan tantangan dan permasalahan umat dan bangsa yang kian hari semakin besar.

Keempat, menjadikan masjid sebagai pusat ibadah, pusat gerakan dakwah dan kebangkitan umat, sebagaimana Rasulullah saw dan para sahabat pada masanya, dan   terbukti bahwa memakmurkan masjid  adalah salah satu sebab kemenangan yang penting dalam perjuangan Islam.

Kelima, mengajak umat menjauhi dan menghindari segala bentuk perpecahan dan permusuhan sesama muslim, karena hal tersebut akan melemahkan kekuatan Islam dan menjadi sebab utama kekalahan umat Islam pada masa lalu.

"Terakhir, kami mengimbau untuk bersatu dalam aqidah, berjamaah dalam ibadah, toleransi dalam khilafiyah, santun dalam bermuamalah dan istiqamah dalam berdakwah," himbaunya.

"Demikianlah seruan ini disampaikan, semoga Allah memberikan pertolongan dan kemenangan kepada kita semua, amien. Nashrun minnallahi wafathun qarieb," tutup Wakil Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, Risman Muchtar.[*]

Baca Juga