Lapas Klas IIA Banda Aceh Ricuh, Kepala Keamanan Lapas Dibogem Ratusan Napi

BANDA ACEH - Kepala Pengamanan Lapas klas IIA Banda Aceh yang dinilai arogan memicu ratusan narapidana (napi) mengamuk dan menghujani bogem mentah ke wajah Kepala KPLP tersebut, Selasa (31/10/2017). 

Menurut informasi yang diterima oleh redaksi, amuk para napi berawal dari KPLP Herry ingin menertibkan sebuah pos lingkungan yang telah berubah menjadi kamar hunian. Namun cara pendekatan serta penyampaian yang dinilai kasar membuat para napi lansung mengamuk dan lansung menyerang oknum Ka. KPLP Herry . 

Tak ayal Ka. KPLP Herry menjadi bulan-bulanan ratusan napi yang sejak awal menyaksikan aksi Ka.KPLP menertibkan kamar hunian napi secara paksa. 

Beberapa petugas penjagaan yang melihat insiden mengamuknya napi terhadap Ka. KPLP langsung berupaya melerai dan menyelamatkan Ka. KPLP Hery dengan cara melarikannya ke luar areal hunian napi. 

Seorang penghuni mengatakan jika oknum Ka. KPLP Herry tidak segera diselamatkan oleh petugas jaga besar kemungkinan nyawa sang kepala pengamanan tersebut pasti melayang oleh aksi ratusan napi. 

"Caranya kasar dan arogan sekali. Dikiranya kami ini binatang, seenaknya saja. Kalau tidak dilarikan sama pegawai jaga tadi sudah mati dilibas napi," ungkap salah satu penghuni kepada redaksi. 

Sementara itu Kepala Pengamanan Lapas Klas II A Banda Aceh Herry yang dihubungi redaksi membenarkan adanya kericuhan napi saat dirinya ingin menertibkan pos lingkungan yang dijadikan kamar hunian.

Dirinya menolak jika mengatakan telah melakukan tindakan arogan ataupun kasar saat penertiban justru para napi menolak saat ingin ditertibkan. 

"Bukan rusuh namun saat saya ingin tertibkan pos lingkungan yang dijadikan kamar hunian, para napi menolak kemudian secara serentak menyerang saya," ungkap Herry.

Saat ditanya luka yang dialaminya di wajah dan kepala, dirinya membenarkan dan mengaku tidak apa-apa. 

"Soal luka dan memar di wajah dan kepala saya tidak berat kok yang utama kondisi Lapas sudah aman dan tertib kembali," pungkasnya.[Az]

Baca Juga