Over Kapasitas, Sawit Milik KBR Berserakan di Jalinsum

LANGSA - Akibat bermuatan melebihi kapasitas, mobil Dump Truck pengangkut buah tandan segar (TBS) milik perusahaan PTPN 1 Kebun Baru membuat pengguna jalan lain terganggu. Pasalnya, buah kelapa sawit yang bawa, jatuh berserakan di Jalan Medan-Banda Aceh, Desa Matang Seulimeng, Kecamatan Langsa Barat, tepatnya depan Dinas Pendidikan Kota Langsa, Jumat (20/10/2017).

Hasil pantauan sejumlah awak media di tempat kejadian tersebut, Mobil Mitsubishi Dump Truck dengan nomor Polisi BK 8330 XP, tertulis KBR di bak mobil samping kiri bermuatan buah kelapa sawit diduga telah melebihi (Over) kapasitas muatan barang angkutan.

Sopir mobil pengangkut TBS yang tidak mau menyebutkan namanya kepada LintasAtjeh.com mengatakan, terjadinya buah jatuh dari bak Mobil tersebut dikarenakan akibat badan jalan tidak rata (miring), sehingga barang yang dimuat mobil pengangkut TBS ini berjatuhan.

"Bukan hanya kami saja yang mengalami kejadian seperti ini, bahkan mobil angkutan buah Sawit yang lain pun pernah juga terjatuh buahnya di badan jalan raya tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Manager Kebun Baru, Ir. Hajat Darmawan, MP melalui Humasnya, Abdul Manaf mengatakan, terkait adanya buah sawit yang terjatuh di badan jalan raya Lintas Sumatra, dirinya akan memberitahukan terlebih dahulu kepada pimpinan Direksinya.

Saat di singgung tentang berkelebihan kapasitas muatan mobil tersebut, namun dirinya tidak bisa memberikan penjelasan atau keterangan yang akurat.

"Saya akan coba melaporkan peristiwa tersebut kepada atasan (Maneger)," ujar Humas di ruang kerjanya.[Mahfud]

Baca Juga