Sosiodrama Kolosal Perjuangan Pahlawan Teuku Umar Meriahkan HUT TNI ke-72 di Aceh Selatan

ACEH SELATAN - Upacara peringatan HUT TNI ke-72 tahun 2017 dilaksanakan secara serentak di seluruh nusantara. Di wilayah Kodim 0107/Aceh Selatan, upacara dipusatkan di lapangan Naga Desa Pasar, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Kamis (05/10/2017). Selaku Irup Dandim 0107/Asel Letkol Kav Hary Mulyanto, Danup Dansubdenpom IM 2/2 Kapten Cpm Aang Dani, Pengucap Sapta Marga Danton Perhubungan Yonif 115/ML Letda Chb Darlin Saragih.

Pelaksanaan upacara dimulai pukul 09.00 WIB, dihadiri oleh Bupati Asel H.T.Sama Indra, SH, Wakil Bupati Asel Kamarsyah, S.Sos, Asisten I Pemerintahan Erwiandi, S.Sos, M.Si, Asisten II Zaini Bakri, Asisten III Said Azhar, para Kepala SKPD Asel, para Danramil dan kapolsek, veteran, FKPPI, para camat dan keuchik serta ratusan peserta upacara.
Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan oleh Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto selaku Inspektur Upacara menyampaikan bahwa di hari jadi yang ke-72 tahun terlebih dahulu mengucapkan selamat ulang tahun dan Dirgahayu, bersama rakyat TNI kuat karena TNI tumbuh dan berkembang berjuang bersama rakyat.

"Kekuatan TNI yang bersandar kepada rakyat merupakan kekuatan semesta, dalam kiprahnya selama ini TNI telah memberikan sumbangsih baik dalam operasi perang maupun operasi diluar perang," ucap Dandim.

Lebih lanjut, Dandim mengungkapkan berbagai keberhasilan dan sumbangan telah diberikan seperti penanggulangan bencana alam, peningkatan swasembada pangan, penumpasan terorisme dalam operasi tinombala dan lain sebagainya," sambung Dandim membacakan amanat.

Oleh karena itu, kepercayaan yang selama ini diberikan oleh rakyat kepada TNI harus tetap dipertahankan bahkan mesti ditingkatkan demi terwujudnya TNI yang solid, kuat dan profesional serta Indonesia adil dan makmur. Sesuai dengan tema HUT TNI ke-72 tahun 2017 "Bersama Rakyat TNI Kuat".

Dalam moment tersebut, Inspektur Upacara juga menyerahkan Tanda Kehormatan Bintang Kartika Eka Paksi, Satyalancana Kesetiaan, sebagai penghargaan kepada anggota TNI Angkatan Darat yang sudah menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan dan jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban untuk kemajuan dan pembangunan TNI Angkatan Darat tanpa merugikan tugas pokoknya.

Tanda kehormatan tersebut dianugerahkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang dituangkan dalam lampiran petikan putusan Presiden Republik Indonesia.

Di akhir acara, HUT TNI semakin meriah dengan penampilan dari beberapa atraksi seperti defile pasukan upacara terdiri dari satu SSK prajurit Kodim Aceh Selatan, satu SSK Prajurit Yonif 115/ML, Polri dari Polres Asel dan Brimob Trumon, Satpol PP dan marching band. Tidak ketinggalan pementasan sosiodrama kolosal tentang perjuangan pahlawan Aceh Teuku Umar dalam memerdekakan Indonesia dari tangan penjajah kolonial Belanda.[Red]

Baca Juga