Sunatan Massal Koramil Trumon Berkat Curhatan Warga Tak Mampu

ACEH SELATAN - Jelang HUT TNI ke-72 tahun 2017, Koramil 09/Trumon menggelar kegiatan Bhakti Sosial (Baksos) sunatan massal terhadap anak kurang mampu, bertempat di kantor Koramil Trumon Desa Ladang Rimba, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (03/10/2017).

Berawal dari curhat seorang petani, Arifin (48), warga Desa Kuta Baru kepada Danramil 09/Trumon Kapten Inf Muhammad Nasir bahwasanya ia memiliki anak laki-laki sudah berusia 15 tahun belum disunat karena tidak mampu membayar biayanya.

"Saya orang tidak mampu pak, sehari-hari hanya mengupah dan bertani kecil-kecilan. Sampai sekarang keinginan untuk nyunatin anak belum juga mampu," ungkapnya kepada Danramil.

Ia mengatakan, anak laki-lakinya itu sudah berusia 15 tahun. Untuk seusia itu sudah sangat jarang kita temukan yang belum sunat. Dia khawatir akan kondisi kesehatan anaknya.

"Jika saja ada orang yang berbaik hati membantu saya maka sangatlah senang, bersyukur bisa membantu mengurangi beban yang selama ini saya pikul," ucapnya penuh iba.

Mendengarkan nasib warga kurang mampu tersebut, Danramil merasa sangat iba hati dan langsung berkoordinasi dengan dokter Puskesmas Ladang Rimba meminta kerjasama untuk membantu sunat warga kurang mampu. Permintaan Danramil mendapatkan respon positif dari sang dokter. Bahkan pihak Puskesmas meminta Danramil untuk mencarikan beberapa anak kurang mampu yang belum sunat.

"Alhamdulillah, niat baik ini mendapatkan ridho Allah SWT dengan mendapatkan bantuan dari dokter untuk menolong warga," ucap Danramil seraya menadahkan kedua tangannya saat diwawancarai wartawan.

Tidak menunggu lama, Danramil segera memerintahkan Babinsa untuk mengumpulkan data anak-anak kurang mampu yang belum sunat. Dan akhirnya Babinsa mendapatkan dua keluarga kurang mampu, masing-masing kepala keluarga (KK) memiliki dua orang anak laki-laki yang belum disunat dan semuanya berasal dari Desa Kuta Baru.

Adapun keempat anak laki-laki yang disunat masal adalah Bintang Saputra (15), Raja Irfanda (13) anak dari Arifin serta Ibnu Anhar (15), dan Wildan Fajaruddin anak dari Masyudin (45).

Sedangkan tenaga medisnya diperbantukan dari Puskesmas Ladang Rimba dan Koramil Trumon terdiri dari Dr. Zul Asri dan Safwan, Kep serta Serda Jumarding yang merupakan Babinsa Koramil Trumon.

Acara yang dimulai pukul 16.45 WIB berlangsung aman dan lancar serta sukses hingga keempat anak laki-laki tersebut berhasil melalui proses sunatan tanpa ada kendala. Untuk diketahui, kegiatan sunatan massal ini dipersembahkan dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT TNI ke-72 tahun 2017.

Masyarakat sangat berterimakasih kepada TNI khususnya Koramil 09/Trumon Kodim 0107/Aceh Selatan dalam mengatasi segala kesulitan rakyat. Bahwa TNI dalam hal ini Koramil Trumon dengan keterbatasannya, mampu memberikan solusi kepada rakyat dan membuktikan darma baktinya kepada rakyat dan bangsa Indonesia. 

"BERSAMA RAKYAT TNI KUAT, HEBAT dan PROFESIONAL".[Red]

Baca Juga