Terkait Pelecehan Seksual, LSM GEUMASEH: Jangan Terkesan Menganggap Sepele !


BANDA ACEH - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Geumaseh menyayangkan terjadinya insiden pelecehan seksual di lingkungan rumah sakit plat merah milik Pemerintah Aceh pada 5 Oktober lalu. Peristiwa yang menimpa pasien FS (17) pasca operasi THT oleh oknum cleaning service SR (19) merupakan sebuah aksi kejahatan seksual yang seharusnya tidak boleh terjadi.
LSM Geumaseh melalui Wakil Ketua Bidang Advokasi Kebijakan Publik Abi Azhari Husein mengingatkan manajemen rumah sakit agar jangan menganggap sepele kejadian yang terjadi, rumah sakit harus bertanggungjawab penuh secara hukum serta mengevaluasi perusahaan outsourcing penyedia jasa cleaning service tersebut agar kejadian serupa tidak terulang kembali.
"Sebagai rumah sakit rujukan harusnya memberikan pelayanan yang manusiawi malah terjadi perbuatan yang sangat menciderai kepercayaan publik terhadap rumah sakit yang sedang bersiap-siap untuk melakukan akreditasi international, apalagi saat ini sedang gencar-gencarnya Rumah Sakit di Aceh menerapkan pelayanan berbasis Islami," ujarnya.
Lembaga yang bergerak di bidang advokasi kebijakan kesehatan dan edukasi kesehatan masyarakat tersebut juga meminta pihak rumah sakit bertanggung jawab atas kondisi psikologis korban.
"Itu korbannya merupakan anak dibawah umur psikologisnya pasti terguncang, tidak cukup dengan hanya meminta maaf," tegas Abi Azhari Husein.
Geumaseh meminta pihak manajemen dan petugas rumah sakit untuk meningkatkan keamanan pasien agar hak pasien tetap terpenuhi serta menjamin kenyamanan pasiennya. Selain petugas kesehatan yang bertanggungjawab dilarang bagi pihak lain yang bertugas di rumah sakit memberikan pelayanan langsung terhadap pasien. 
Menurutnya, permasalahan ini jangan dibiarkan berlarut-larut karena dapat menjadi konsumsi tidak sehat bagi masyarakat.
"Apalagi menjadi bahan untuk kepentingan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang dapat menghilangkan kepercayaan masyarakat terhadap rumah sakit andalan masyarakat Aceh ini," tandas Abi Azhari Husein.[CJ Fahmy M Al Asyi]

Baca Juga