50 Pengurus Koperasi Tak Aktif Ikuti Pelatihan Administrasi Keuangan di Abdya

ABDYA - Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Aceh bekerjasama dengan Disperindagkop dan UKM Propinsi Aceh serta Kabupaten Abdya mengadakan pelatihan Sistem Administrasi Keuangan dan Pengelolaan Koperasi pada 50 pengurus koperasi yang tidak aktif di Kabupaten Abdya, Kamis (09/11/2017.

Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Disperindagkop Abdya, Muammar Asmadi kepada LintasAtjeh.com mengatakan, Pelatihan ini diadakan atas kerjasama Pemerintah Daerah dalam hal ini dinas terkait dan Dinas Provinsi serta Dewan Koperasi Indonesia Wilayah Aceh untuk 50 peserta pengurus dan pengawas koperasi.

"Pelatihan sistem laporan keuangan koperasi yang digelar selama tiga hari itu merupakan yang kedua kalinya terhadap koperasi-koperasi yang tidak aktif lagi. Hal ini bertujuan memberi pengetahuan kepada para pengurus koperasi yang tidak mengerti cara sistem berkoperasi," ujarnya.

"Sehingga dengan adanya pelatihan ini diharapkan tidak ada lagi pengurus koperasi yang tidak aktif di Kabupaten Abdya," imbuhnya.

Selain dilaksanakan pelatihan management, sambung Muammar, pihaknya juga akan melakukan pembenahan sejumlah koperasi yang tidak aktif. Karena dalam waktu dekat ini ada sejumlah koperasi yang harus melaksanakan Rapat Anggaran Tahunan (RAT), sehingga dengan pelatihan sistem laporan keuangan,pengurus koperasi akan mampu melaksanan kegiatan sesuai aturan.

"Perlu pembenahan dengan tujuan perbaikan sistem administrasi dan niat berkoperasi, karena koperasi dibentuk dengan sistem gotong royong dan kerjasama antar anggota.  Apalagi prospek kedepan koperasi di Abdya sangat baik, tinggal pengelolaan saja," terang Muammar.

Ia berharap, kedepannya Pemerintah Daerah dan Provinsi komit membina dan membantu anggaran pembinaan kapasitas pengelola koperasi, karena kapasitas pengelola sangat penting maju tidaknya koperasi.[ADI S]

Baca Juga