Acara HUT SMA Patra Nusa Tahun 2017 Terkesan Mengadopsi Budaya Kafir

IST
ACEH TAMIANG - SMA Negeri 2 Patra Nusa Manyak Payed, dahulunya bernama SMA Dharma Patra Pertamina Rantau, yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Dharma Patra. Pada Tahun 2000 SMA Dharma Patra Pertamina Rantau berubah nama menjadi SMA Swasta Patra Nusa. Seiring dengan berjalannya waktu, pada tahun 2014, SMA Swasta Patra Nusa dinegerikan oleh Bupati Aceh Tamiang, dan berubah nama menjadi SMA Negeri 2 Patra Nusa Manyak Payed.

Walaupun Sekolah Menengah Atas (SMA) yang saat ini beralamat di Jalan Lintas Medan-Banda Aceh KM 452, Bukit Panjang Dua, Manyak Payed, Kabupaten Aceh Tamiang telah berstatus negeri, namun dikabarkan sekolah yang dikepalai oleh Drs Junaidi tidak meninggalkan sejarah dan baru-baru ini, telah menyelenggarakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 18 Tahun 2017.

"Sayangnya, penyelenggarakan HUT SMA Patra Nusa ke 18 dikabarkan mengadopsi konsep budaya barat/kafir, dan dilarang oleh Agama Islam, yakni bernama prom night. Pelaksanaan acara tersebut pada malam hari, mulai pukul 20.00 s.d 23 WIB," demikian disampaikan Ketua LSM Forum Peduli Rakyat Miskin (FPRM) Aceh, Nasruddin, melalui rilis pers yang dikirim kepada LintasAtjeh.com, Rabu (29/11/2017).

Nasruddin mengatakan, sebagai masyarakat yang tinggal di negeri bersyariat Islam, seharusnya pihak sekolah wajib berfikir cerdas dan berusaha membuat acara dengan konsep yang tidak melanggar syairat Islam dan serasi dengan budaya negeri ini. Jangan merasa bangga terhadap budaya kafir.

Acara prom night identik dengan nuansa romantis dan saling berupaya mencari pasangan, yakni pemilihan The Prom Queen dan The Prom King. Pada pelaksanaan acara, ruangan dihiasi oleh berbagau lampu kerlap-kerlib dengan berbagai warna sehingga akan membuat suasana malam tersebut terkesan meriah.

"Intinya, pelaksanaan acara prom night sangat tidak layak dilaksanakan di daerah kita yang bersyariat Islam. Jika acara saat itu diketahui oleh para Ulama, kita yakin bahwa SMA Negeri 2 Patra Nusa Manyak Payed akan dihujani banyak kecaman," pungkas Nasruddin.


Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Patra Nusa Manyak Payed, Drs Junaidi, saat dikonfirmasi LintasAtjeh.com melalui telepon selulernya mengatakan, saat ini dirinya sedang mengikuti rapat para kepala sekolah di Kota Langsa.[Zf]

Baca Juga