Alhamdulillah, RSUYA Aceh Selatan Sudah Punya Alat Cuci Darah dan CT Scan

ACEH SELATAN - Bupati Aceh Selatan H.T.Sama Indra, SH, meresmikan pemakaian unit cuci darah atau hemodialisa dan CT Scan di RSUD dr. H. Yuliddin Away Desa Gunung Kerambil, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (31/10/2017).

Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita sebagai tanda dimulainya operasional unit cuci darah atau heamodialisa dan CT Scan di Blud RSUD Yuliddin Away Tapaktuan.

Hadir pada acara tersebut diantaranya Direktur RSUD Yuliddin Away dr. Faisal, Sp.An, Sekdakab Aceh Selatan Nasjuddin, SH, MM, Asisten III Kabupaten Aceh Selatan Said Azhar, para SKPK Aceh Selatan dan para dokter RSUD Yuliddin Away Tapaktuan serta tamu undangan.

Bupati H.T. Sama Indra, SH, dalam sambutannya mengatakan dengan telah dioperasikannya alat cuci darah dan CT Scan ini, diharapkan kepada manajemen BLUD dr. Yuliddin Away Tapaktuan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pasien yang datang berobat.

"Ini merupakan langkah yang terus dipacu oleh RSUD Yuliddin Away Tapaktuan selama ini, akhirnya harapan kita terwujudkan. Masyarakat Aceh Selatan dan Kabupaten lainnya yang ingin berobat untuk cuci darah, kedepan tidak perlu lagi jauh-jauh ke Rumah Sakit  Banda Aceh. Karena RSUD Yulidin Away Tapaktuan telah memiliki fasilitas tersebut," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan adanya CT Scan ini merupakan langkah tepat untuk dokter menentukan apa yang terjadi pada pasien.

"CT Scan ini juga merupakan alat satu-satunya yang ada di wilayah Barat Selatan. Selain itu nantinya wilayah Barat Selatan juga hanya di Aceh Selatan yang mempunyai rumah sakit hingga lantai enam," terang Bupati TS.

Sementara itu, Direktur RSUD dr. H. Yuliddin Away, dr. Faisal, Sp.An, dalam laporannya memaparkan bahwa perkembangan tehnologi kedokteran saat ini sangat pesat dalam bidang pencitraan medis, salah satu produk bertehnologi canggih adalah Multislice CT-Scan.

"Alhamdulillah, sekarang sudah bisa dinikmati para pasien dan masyarakat yang ingin memeriksa kesehatannya sejak dini, alat ini untuk mendiagnosa pemeriksaan seluruh organ tubuh seperti kepala, tenggorokan," ungkapnya.

Selain itu, ia menjelaskan secara ringkas cara kerja produk bertehnologi canggih CT-Scan ini. dr. Faisal, Sp.An menerangkan seluruh lapisan tubuh diperiksa lapis demi lapis, data yang diperoleh kemudian di olah komputer dari hasil pemotretan sehingga hasil foto atau imagenya lebih baik dan mendetail.

Sedangkan, unit atau alat Hemodialisa diperuntukkan bagi pasien penderita gagal ginjal dalam melakukan cuci darah. Namun semua itu tidak terlepas dari dukungan kerjasama tim yang beranggotakan dokter umum yang bersertifikat HD, dokter penyakit dalam, dokter nefoologi serta perawat terampil, mahir dan bersertifikat.

"Dalam mensukseskan perlu kolaborasi, sinergi dan tanggapan yang responsif dari seluruh elemen dan peran pemangku kepentingan guna memajukan rumah sakit," paparnya.

"Dengan hadirnya dua produk unggulan medis di BLUD RSUD dr.H.Yuliddin Away Tapaktuan ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat Kabupaten Aceh Selatan dan masyarakat pantai Barat Selatan dalam penanganan layanan pengobatan cuci darah dan diagnosa penyakit," jelas dr. Faisal. [FA]




Baca Juga