Antisipasi Banjir, Babinsa Koramil 01/Tapaktuan Bersihkan Saluran Pembuangan

ACEH SELATAN - Babinsa koramil 01/Tapaktuan Kodim 0107 Aceh Selatan yaitu Serka Misbah, Serka Endang dan Sertu Suandi bersama masyarakat melaksanakan pembersihan saluran pembuangan di sepanjang lorong Gunung Durian Desa Lhok Bengkuang Timur Kecamatan Tapaktuan, Rabu (15/11/2017).

Pembersihan tersebut sebagai salah satu bentuk antisipasi terjadinya genangan air dan banjir di musim hujan.

Menurut informasi yang diterima Pendim0107Asel, saluran pembuangan atau parit yang dibersihkan para Babinsa dan masyarakat setempat sepanjang 250 meter. 

"Lebih kurang 250 meter panjang saluran yang kita Bersihkan, parit itu mengaliri air limbah rumah keluarga, jadi banyak kotoran," ucap Serka Endang. 

Selain itu, pembersihan ini kita ajak warga setempat untuk mengatasi hambatan aliran air, supaya lancar apabila banjir. 

"Mengantisipasi terjadinya banjir karena curah hujan juga masih tinggi, sewaktu waktu tergenang air maka sampah sudah kita bersihkan," ungkap Endang. 

Sementara salah satu pemuda Lorong Gunung Durian mengatakan sangat setuju dan berterimakasih atas upaya yang dilakukan Babinsa melakukan pembersihan parit parit di lingkungan perumahan warga. 

"Ini musim hujan, kalau hujan tidak berhenti maka akan tergenang air, jadi kita atasi dulu parit, yakinkan bersih biar lancar aliran air," kata pemuda Gunung Durian. 

"Babinsa ikut membantu bahkan mereka mengajak warga membersihkan saluran, sangat berterimakasih kepada Koramil," timpalnya. 

Mengingat musim hujan telah tiba dan dalam beberapa hari curah hujan semakin tinggi mengakibatkan beberapa daerah di Aceh Selatan mengalami bencana alam banjir. Maka dari itu pihak Kodim 0107 Aceh dan jajarannya melakukan persiapan, siaga banjir dan upaya antisipasi seperti pembersihan saluran pembuangan, parit dan sungai dari sampah dan kotoran yang menumpuk.[Pen Dim]

Baca Juga