Budaya Adat Alas Sebagai Identitas Aceh Tenggara

YOGYAKARTA - Adat Alas adalah seni kehidupan Suku Alas yang menunjukkan sebagai identitas daerah, Kabupaten Aceh Tenggara sebagai keindahan negeri Indonesia dan sangat signifikan dengan kultur kedaerahan Aceh.

Terkait hal itu, nantinya akan digelar kegiatan Rekreasi Adat Alas pada tanggal 30 November 2017, di Taman Budaya Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara, Jl. Perintis Kemerdekaan Medan.

"Ini event besar, nantinya akan kita buat juga bermacam cabang kompetisi dari berbagai budaya suku adat kedaerahan se Indonesia. Seperti bazar, fashion show, taman kreasi adat kedaerahan, juga stand up comedy," terang Ketua IPMAT Medan, Musthofa Kamil Alga Broeh, S.sos, yang juga sebagai tokoh pemuda Aceh Tenggara, Kamis (29/11/2017).
Sebagai generasi milenial saat ini, lanjut Musthofa, harus mampu menjunjung tinggi harkat martabat bangsa indonesia yaitu dengan menjaga kebhinekaan antar suku, budaya dan agama. Ini adalah salah satu upaya menunjukan bahwa generasi milenial juga harus mengedepankan budaya sebagai salah satu media tentang kencintaan kita kepada NKRI.

"Upaya ini dilakukan melihat dengan trend zaman now yang sudah minim sekali pemuda yang tahu apa sih budaya itu. Karena menurut saya, budaya itu adalah indentitas kita sebagai anak bangsa Indonesia," ujar Musthofa Kamil AB, S.sos.

Dijelaskannya, dalam susunan struktural kepanitiaan kegiatan ini yang diketuai oleh Ade Rizky dan Sekretaris kepanitiaan Ayubi Sekedang, beranggotakan dari berbagai mahasiswa Aceh Tenggara lainnya.

"Dengan kegiatan ini juga kita bisa belajar mengetahui budaya kita Indonesia terkhusus Aceh Tenggara yaitu adat budaya Suku Alas. Mari kita sukseskan acara kita ini, kreatifitas berbudaya santun nan beradab menjadi tuntutan moralisme bagi kaum generasi milenial sebagai penerus bangsa Indonesia," tandas Musthofa.[Red]

Baca Juga