Dandim 0104/Atim Ikuti Panen Raya Jagung di Taman Ashabul Kaffi

ACEH TIMUR - Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE mengikuti kegiatan "Panen Raya Jagung" yang merupakan kerja sama Kodim 0104 Atim dengan kelompok tani Damai Aceh di Taman Ashabul Kaffi, Desa Seuneubok meureudu, Kecamatan Idi Tunong, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (02/11/2017).

Acara panen raya tersebut dihadiri Kapolres Atim AKBP Rudi Purwiyanto SIK, M.Hum, Asisten II Atim Usman Arahman, Mantan Gubernur Aceh Dr. Ir. H Abdullah Puteh, M.Si, Kadis Tanaman Pangan dan Horticultura Atim Ir. Sahrol ansyar, Dinas Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Atim Ir. Sukirman, Mukim Kuta baro Nurdin Jalil, Kapolsek Idi tunong AKP M. Musa, Danramil Idi tunong Kapten Inf Zaenuddin, Sekcam Idi tunong Nasri, Pasiter Dim 0104/Atim Kapten Czi Karsono, Ketua Kelompok Tani Damai Aceh Muhammad Saiful dan Masyarakat Kecamatan Idi Tunong.

Muhammad Saiful, Ketua Kelompok Tani Damai Aceh dalam sambutannya menyampaikan bahwa jagung yang ditanam diareal milik Abdullah Puteh seluas 14 Hektar. Satu hektar tanaman jagung ini  sudah menghasilkan 10 ton dan mudah-mudahan Aceh Timur bisa menjadi contoh kabupaten lain dalam penanaman jagung.

Mantan Gubernur Aceh, Abdullah Puteh dalam sambutannya mengatakan, pertanian yang sudah dilaksanakan di Taman Ashabul Kaffi sudah maksimal dengan kultur tanah belum labil didaerah ini.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kodim Atim terutama Danramil yg siang malam membantu usaha penanaman jagung ini," ucapnya.

"Kedepan, dari 14 Ha tanah di Taman Ashabul Kaffi untuk 11 Ha akan ditanam tanaman unggulan seperti, Jeruk, durian, pepaya dan lain lain. Dan akan kita bangun mekarsari mini di Aceh Timur ini," terangnya.

Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, SIK, M.Hum dalam sambutannya mengatakan, selaku pihaknya mengucapkan selamat dan apresiasi yang sangat besar kepada Kodim Atim dalam penen raya ini, Aceh Timur tidak boleh bergantung dengan kabupaten lain.

"Kita jangan seperti tikus yang mati di Lumbung Padi, Geuchik harus bisa memanfaatkan uang ADG dan bekerjasama dengan TNI," ujarnya.

"Salah satu Program TNI adalah cetak sawah guna membantu masyarakat, kami dari polri mempunyai tugas mengamankan pangan agar harga pangan tidak melonjak. Saya dan Polres Atim siap mengawal jalur pangan yang telah dicetak oleh Kodim Atim," jelasnya.

Sementara itu, Dandim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE dalam sambutannya menyampaikan, kerjasama antara pang sagoe dengan Koramil berhasil dalam penanaman jagung di Taman Ashabul Kaffi.

"Pertanian kita harus semakin bagus agar Aceh semakin terkenal,  Indonesia ini harus mempunyai rumah karbon agar tiap tahun kita dibayar oleh Amerika," tegasnya. 

"Kita akan mencoba di Aceh Tamiang. Silahkan datang ke Langsa, disana ada Kampus Hijau yang berlokasi di BTN Seurigit," pungkasnya.[Red]

Baca Juga