Dandim Aceh Selatan Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan Ke - 72

ACEH SELATAN - Peringatan hari Pahlawan ke - 72 yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Asel dihadiri Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto, bertempat di Lapangan Naga, Desa Pasar, Kecamatan Tapaktuan, Jumat (10/11/2017). 

Selain Dandim, acara tersebut juga dihadiri lebih kurang 800 orang dan tamu undangan diantaranya Sekdakab Asel Nasjuddin, SH, MM, Kapolres Asel AKBP Achmadi, SIK, Ketua Pengadilan Aceh Selatan Zulkarnaen, SH, MH, Kajari Aceh Selatan Munif, SH, MH, Danyon 115/Macan Mayor Inf Winas K,S.I.P.,M.TR (HAN), Kasdim 0107/Asel Mayor Inf Ferdinand, para Asisten, para Kepala SKPK, Muspika Plus se - Kabupaten Aceh Selatan, FKPPI Asel dan para Veteran. 

Selaku Inspektur upacara Wakil Bupati Aceh Selatan Kamarsyah, S.Sos, MM, bertindak sebagai Danup Dansubdenpom IM 2/2 Tapaktuan, Kapten Cpm Aang Dani, Paup Pasimin Dim 0107/Asel Kapten Inf Alponso, Pembaca teks Undangan-Undang Dasar 1945 oleh Kasubag Dokumentasi Humas Pemdakab Asel M. Iqbal, SH dan Pembaca pesan-pesan Pahlawan oleh Wakil Sekretaris FKPPI Aceh Selatan M. Wahyudi Syahputra. 

Dihadapan ratusan peserta upacara yang terdiri dari 1 SST anggota Yonif 115/ML, 1 SST anggota Kodim 0107/Asel, 1 SST anggota Polres Asel dan Para PNS, Inspektur upacara membacakan amanat Mentri Sosial RI Khofifah Indar Parawangsa, ia menyampaikan bahwa apa yang kita dapatkan baik kesehatan, kekuatan mental spiritual maupun kesadaran untuk terus mengemban semangat juang cita - cita  Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 1945, semuanya atas pemberian dan kuasa dari Allah SWT. 

"Mari kita syukuri dengan mengenang para pendahulu kita, pahlawan dan perintis kemerdekaan, para pendiri Republik Indonesia, mereka dengan segenap pemikiran, tindakan dan gerakan perjuangan kolektif yang mereka lakukan," sebutnya. 

"Sehingga saat ini kita semua bisa menikmati hidup di bumi Indonesia sebagai bangsa yang merdeka, bangsa yang sederajat dengan bangsa lain, bangsa yang menyadari tugas sejarahnya untuk menjadikan kemerdekaan sebagai jembatan emas bagi terwujudnya Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," timpal Inspektur upacara. 

Untuk itu, lanjutnya, kepada segenap lapisan masyarakat untuk bisa menjadi pahlawan baik bagi diri sendiri, bagi lingkungan, bagi masyarakat dan juga pahlawan bagi Bangsa Indonesia serta memperkuat rasa persatuan dan kesatuan diantara sesama anak bangsa. Hal ini tentunya selaras dengan tema Peringatan Hari Pahlawan yang ke-72 yaitu "Perkokoh Persatuan Membangun Negeri".

"Maka jadilah pahlawan masa kini yang memiliki kepedulian terhadap sesama," tutupnya. 

Selain itu, banyak pesan kepahlawanan yang disampaikan pada peringatan Hari Pahlawan tersebut diantaranya dari beberapa tokoh pahlawan seperti Nyi Ageng Serang, Panglima Besar Jenderal Sudirman, Bung Tomo, Bung Hatta, Bung Karno, Ki Hajar Dewantara dan lain- lainnya. Hal ini sebagai pesan moral dan sebagai semangat perjuangan yang harus di teladani oleh setiap anak bangsa untuk tetap terus berjuang serta mengisi kemerdekaan ini dengan berbagai prestasi.

Usai kegiatan upacara tersebut, Wakil Bupati didampingi seluruh unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Selatan memberikan penghargaan berupa bingkisan kepada para Veteran. 

Kegiatan acara hari pahlawan tanggal 10 November dilaksanakan dengan harapan untuk mengingat kembali momentum hari bersejarah nasional dan jasa para pahlawan dengan bertujuan untuk menumbuhkan jiwa patriot bagi generasi muda.[Pen Dim]

Baca Juga