Dandim Aceh Selatan Ikuti Garjas Periodik II dalam Kondisi Prima

ACEH SELATAN - Dandim 0107 Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto mengikuti kegiatan tes kesamaptaan jasmani periodik II tahun 2017 di lapangan Makorem 012/Teuku Umar, Meulaboh, Aceh Barat, Rabu (15/11/2017) kemarin. 

Kegiatan kesamaptaan adalah suatu bentuk kesegaran jasmani yang harus diikuti oleh setiap prajurit TNI AD dalam rangka pembinaan fisik untuk mendukung tugas pokok selama berdinas aktif. 

Kesamaptaan jasmani periodik II ini diikuti oleh prajurit berpangkat Pamen (Perwira menengah) mulai dari Mayor sampai dengan Letkol yang melaksanakan tugas di wilayah Korem 012/TU. 

Saat dihubungi Pendim0107Asel, Kamis (16/11/2017) terkait kesiapan pelaksanaan dan hasil yang dicapai setelah melaksanakan Garjas periodik II, Dandim 0107 Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto mengatakan bahwa dirinya sudah menyiapkan diri sejak awal dalam pembinaan fisik untuk menghadapi tes kesamaptaan periodik II tahun 2017 dan setelah ikuti tes kesamaptaan kondisi fisik masih prima. 

"Saya sudah mempersiapkan diri sejak beberapa hari sebelum pelaksanaan tes, karena Kesamaptaan atau garjas periodik ini adalah program dan wajib diikuti. Jadi, bagi saya selaku prajurit TNI AD harus selalu siap dalam kondisi apapun dan sudah mesti menjaga fisik tetap prima," ujar Dandim Aceh Selatan. 

Selain itu, sambung Dandim, kegiatan garjas ini merupakan tolak ukur ketahanan fisik dan kesehatan serta bahan evaluasi kemampuan fisik yang dibina oleh satuan. 

"Meskipun komandan satuan, garjas tetap harus dilaksanakan. Aturan dan mekanisme pelaksanaan saya ikuti tahap pertahap dan kemampuan fisik tetap menjadi evaluasi secara kesuluruhan untuk menunjang Karier setiap prajurit mulai dari atas sampai ke bawah," ungkap Dandim. 

Meskipun tes kesamaptaan jasmani tahap ini di khususnya untuk Pamen, akan tetapi segala aturan dan mekanisme tetap berlaku sesuai petunjuk dari penyelenggara seperti melakukan pengecekan kesehatan oleh tim medis Rumkit TK IV IM 07.02 Meulaboh/Kesrem. 

Setelah dinyatakan lulus kesehatan maka peserta melaksanakan tes kesamaptaan jasmani ini berupa Samapta A yaitu lari dengan  jarak tempuh 3.200 meter dan Samapta B berupa Pull Up, Sit Up masing-masing satu menit dan shuttle run.[Pen Dim]

Baca Juga