Danramil 04/Susoh Bersama Pos TNI AL Sosialisasi Keselamatan Kerja Nelayan

ABDYA - Koramil 04/Susoh adalah salah satu satuan Teritorial dibawah kendali Kodim 0110/Abdya yang berada di Kecamatan Susoh. Dengan data geografi, demografi serta kondisi sosial masyarakat Susoh yang sebagian perekonomiannya bersumber pada perikanan dan kelautan, Danramil 04/Susoh Kapten Inf Sabiruddin, S.Sos, bersama Danpos TNI AL wilayah Abdya, Letda laut (T) Ajat Sudrajat menggelar sosialisasi keselamatan kerja nelayan.

Sosialisasi tersebut merupakan prakarsa Pos AL bersama TNI AD melalui jajaran Komando kewilayahan, yang dalam pelaksanaannya dilakukan secara serentak khususnya yang berada dibawah Jajaran Lanal Simeulue-Abdya.

Bertempat di balai pertemuan nelayan Komplek PPI Ujung Serangga, Desa Padang Baru, Susoh, Abdya, sosialisasi tersebut berhasil menyita perhatian para nelayan Kecamatan Susoh.

Di tempat yang sama juga turut hadir Kasat Pol Air Abdya Ipda Barmawi, Kabid Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Abdya Darwis, Panglima Laut Abdya Hasanuddin, serta perangkat kecamatan/desa setempat.

Danpos TNI AL wilayah Abdya, Letda laut (T) Ajat Sudrajat dalam sosialisai tersebut mengingatkan dan mengajak kepada masyarakat nelayan agar melengkapi perlengkapan yang harus dibawa sebelum pergi melaut.

Ia menjelaskan peraturan tentang keselamatan pelayaran sudah diatur oleh pemerintah melalui Undang- undang Nomor 17 Tahun 2008, yakni tentang pelayaran dan yang mengatur terhadap keselamatan pelayaran.

Para nelayan cukup antusias menerima sosialisasi tersebut. Mereka mendapatkan pengetahuan dan pelajaran tentang kelengkapan dan urut-ururan persiapan sebelum melaksanakan pelayaran.

Saat ditemui usai acara, Danramil 04/Susoh mengatakan, Dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan para Nelayan Kecamatan Susoh, dapat memahami serta melengkapi peralatan keselamatan yang wajib ada dalam kapal sebelum mereka berangkat melaut.

"Sehingga dapat mengurangi dan meminimalisir hal-hal yang dapat merugikan materil maupun personel dari Nelayan itu sendiri," pungkas Danramil 04/Susoh.[Pen IM]

Baca Juga