Don Muzakir: Kenapa Banyak yang Alergi dengan Bendera Bintang Bulan?

BANDA ACEH - Polemik soal kekhususan Aceh termasuk soal indentitas Aceh yaitu Bendera Bintang Bulan masih menjadi polemik ditengah-tengah masyarakat. Sebagian masyarakat Aceh menghendaki agar Bendera Bitang Bulan segera berkibar di Aceh dengan disahkannya qanun tentang lambang dan Bendera Aceh, namun Bendera Bintang Bulan sampai saat ini belum di ijinkan oleh Pemerintah Pusat untuk dikibarkan di Aceh, walaupun qanunnya sudah disahkan.

"Kita sebagai masyarakat tidak perlu alergi dengan Bendera Bintang Bulan, namun kita harus mendukung agar Bendera Bintang Bulan berkibar di Aceh. Saya sepakat dengan aksi yang dilakukan oleh teman-teman yang masih setia dalam memperjuangkan UUPA maupun memperjuangkan Bendera Bintang Bulan, namun saya tidak sepakat dengan beberapa pihak yang mungkin alergi bila mendengar soal UUPA dan Bendera Bintang Bulan disuarakan oleh masyarakat Aceh," ungkap Muzakir.

Lanjut dia, Pemerintah Pusat juga harus serius dalam memberikan hak-hak Aceh seperti tertuang dalam MoU Helsinki maupun tertuang dalam UUPA, agar persoalan di Aceh mengenai UUPA maupun soal Bendera Bintang Bulan cepat terselesaikan dengan baik.

"Soal ada beberapa tokoh Aceh maupun masyarakat Aceh yang ingin diutamakan kesejahteraan dulu dari pada bendera, kalau hemat saya, semua kita di Aceh harus memperjuangkan kesejahteraan maupun memperjuangkan Bendera Bintang Bulan dan rarus memperjuangkan UUPA agar Aceh lebih sejahtera," tegas dia.

Dikatakannya, dulu waktu jaman konflik Aceh hampir semua tokoh di Aceh sepakat, katakan lah dengan referendum atau mendukung Gerakan Aceh Merdeka, tapi saat sudah damai ada sebagian tokoh yang sudah tidak sepakat dengan apa yang diperjuangkan dulu. Ini menunjukkan kita tidak komitmen terhadap perjuangan Aceh.

"Saya berharap kepada semua lapisan Masyarakat Aceh mari kita sama-sama memperjuangkan hak-hak Aceh yang telah disepakati bersama antara Pemerintah Pusat dengan GAM. Kenapa Bendera Bintang Bulan yang harus kita perjuangkan? Bendera Bintang Bulan adalah indentitas Aceh yang harus kita perjuangkan bersama. Kalau indentitas kita tidak diberikan oleh Pemerintah Pusat apalagi soal hak-hak lain pasti juga tidak akan diberikan," tutur Don Muzakir Ketua Rakan Mualem.[*]

Baca Juga