IDI Aceh Besar Ajak Masyarakat Sadar Lingkungan

ACEH BESAR - Pemkab Aceh Besar menggelar Fun Bike dan Fun Walk di Taman Sari Kota Jantho, Ibukota Kabupaten Aceh Besar, (18/11/2017). Acara ini diikuti ribuan peserta yang terdiri dari berbagai elemen yang ada di Aceh Besar termasuk masyarakat dari berbagai Kecamatan se-Aceh Besar.

Pantauan LintasAtjeh.com di lokasi, ada yang menarik ditengah perhelatan acara ini, terlihat beberapa orang yang menjinjing kantong plastik besar berwarna merah dan biru tengah memungut sampah yang berserakan di lokasi acara ditengah teriknya sinar matahari menjelang siang hari.

Rupanya momentum Fun Bike ini dimanfaatkan oleh organisasi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Aceh Besar untuk mengkampanyekan bebas sampah dan kebersihan lingkungan.
Ketua IKatan Dokter Indonesia Kabupaten Aceh Besar, dr. Irma Wijayanti yang didampingi para dokter saat diwawancarai LintasAtjeh.com mengatakan kampanye kebersihan ini harus menjadi budaya ditengah masyarakat, agar kesadaran pentingnya menjaga lingkungan semakin meningkat.

"Gerakan Pungut Sampah ini membawa misi membangun kesadaran masyarakat Aceh Besar untuk menjaga kebersihan lingkungan," tandas dr. Irma Wijayanti.

Sementara itu, Direktur RSUD Aceh Besar yang juga mantan Ketua IDI periode sebelumnya, dr. Bunaiya Putra yang juga terlihat ikut memungut sampah mengatakan yang dilakukan IDI Kabupaten Aceh Besar hendaknya menjadi inspirasi sekaligus memotivasi masyarakat untuk menjaga lingkungan hidupnya agar bersih dari sampah yang berserakan.

Menurutnya, IDI Kabupaten Aceh Besar juga melakukan beberapa rangkaian kegiatan dalam Fun Bike di Taman Sari Jantho diantaranya juga kampanye gerakan hidup sehat dengan tidak merokok dan olahraga secara rutin untuk menjaga kondisi kesehatan dengan pendekatan personal dan keluarga.

"Aceh Besar harus bersih, kalau bukan kita, siapa lagi yang melakukannya," ujar dr. Bunaiya Putra. 

"Para dokter dalam Ikatan Dokter Indonesia Aceh Besar lain pun tidak kalah bersemangat mengumpulkan sampah di seluruh penjuru taman yang menjadi salah satu kebanggan Kota Jantho itu," ucap dokter yang pernah mendapat predikat terbaik Aceh Besar ini.[DW]

Baca Juga