Inilah Bentuk Dukungan Puskesmas Langsa Barat pada MTQ di Aceh Timur

ACEH TIMUR - Puskesmas Langsa Barat menggelar Stand Trapi Akupresur untuk pengunjung di arena MTQ Aceh Timur. Ini merupakan wujud kepedulian dan dukungan atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Puskesmas Langsa Barat, Ayu Artalita, SKM, M.Kes Kepada LintasAtjeh.com, Sabtu (25/11/2017), di Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur.

"Layanan pijat akupresur yang dimiliki puskesmas ini disediakan bagi para peserta dan pengunjung yang membutuhkan pengobatan refleksi," ujarnya. 

Sayangnya, sambung Ayu, layanan seperti ini belum banyak diketahui masyarakat. Padahal, manfaat pijat akupresur tidak terbatas untuk keluhan pada anak-anak, orang dewasa, khususnya ibu-ibu, bisa juga memanfaatkannya untuk merawat kecantikan.

Ayu menjelaskan bahwa pijat akupresur bahkan berguna juga untuk melancarkan Air Susu Ibu (ASI), untuk ibu hamil bisa juga dipakai mengatasi keluhan mual dan sakit perut. Soal kemampuan terapis, tidak usah khawatir, semua terapis pijat sudah mendapat pelatihan khusus.

"Kegiatan ini selama sepekan murni secara swadaya dari teman-teman yang bertugas di Pukesmas Langsa Barat. Ini semua bertujuan untuk memasyarakatkan pengobatan akupresur di tengah - tengah masyarakat  sesuai dengan Peraturan Meteri Kesehatan Nomor 65 tahun 2013," terangnya.

Lebih lanjut Ayu menyampaikan, selain melayani pasien juga memberikan edukasi kepada para pengunjung tentang manfaat pengobatan Akupresure dan Trapis. Bahkan selama stand ini dibuka, hampir 50 orang pasien mendapatkan pelayanan secara gratis. Dan dirinya juga berterimakasih kepada Dokter dan Staf Pukesmas Langsa Barat yang telah mendukung kegiatan ini.

"Kedepan diharapkan kegiatan tersebut mendapatkan dukungan dari pemerintah serta stekholder lainnya," harapnya.[Nas/Mahfud]

Baca Juga