ISSI Aceh Besar Kirim Atlet PORA ke Weh Bike Cross Country Sabang

ACEH BESAR  - Pengurus Kabupaten Ikatan Sepeda Sport Indonesia (Pengkab ISSI) Aceh Besar mengirimkan para pembalap downhill dan BMX yang dipersiapkan ke PORA mengikuti kompetisi Weh Bike Cross Country (lintas alam) yang digelar di Sabang, Sabtu (18/11/2017).

Ketua Umum Pengkab ISSI Aceh Besar, Zul Fahmi, SP, mengungkapkan pengiriman tim balap downhill (sepeda gunung) dan BMX (Bicycle Moto -crossX- halang rintang di alam terbuka) yang berkekuatan tujuh atlet dan satu official ke kompetisi sepeda lintas alam tersebut merupakan bagian ajang uji coba dan latihan persiapan ke multi even olahraga empat tahunan Aceh tahun depan di Aceh Besar.

Para pembalap yang dikirim mengikuti Weh Bike Cross Country yaitu Riki Andika, Dhuhar Trinanda, Oemar Riskov, Risandi, Taufik, T.Yofial Hendra, Zulbahri dan Muntazir merangkap official.

Katanya, keikutsertaan para atlet downhill dan BMX Aceh Besar ke kompetisi Weh Bike Cross Country juga memenuhi undangan Bima Rakan Sejahtera pelaksana kegiatan tersebut yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Sabang.

"Keikutsertaan kita dalam kompetisi sepeda lintas alam ini, juga untuk ikut memeriahkan Sabang Sail," ujarnya pada saat pelepasan Tim Sepeda Aceh Besar ke Sabang di Batoh Banda Aceh.

Zul Fahmi menyebutkan pengiriman para pembalap downhill dan BMX tersebut sebagai bentuk keseriusan dalam upaya peningkatan kamampuan atlet sebagai persiapan menunju PORA XIII/2018.

"Kita serius persiapkan atlet ke PORA, apalagi kita tuan rumah. Target kita  para atlet bisa meraih medali," ujar legislatif Aceh Besar dari Partai Gerindra ini.

Persiapkan 16 Atlet

Kecuali itu, ungkapnya, ISSI Aceh Besar mempersiapkan 16 atlet untuk road (jalan raya) nomor individual time trial (ITT)  jarak 100, 120 dan 180, downhill dan BMX yang diperlombakan di pesta olahraga Aceh nanti.

"Kita menyiapkan atlet untuk semua nomor yang diperlombakan di PORA. Kita targetkan semua atlet bisa meraih medali," katanya.

Ia mengatakan para atlet selama ini rutin menjalani latihan. Ketika ikut  menguji Pra PORA beberapa waktu lalu, para pembalap di nomor road, downhill dan BMX menunjukkan prestasi yang bagus.

"Seperti  nomor road individual time trial (ITT) jarak 180 kilo meter, atlet kita Farhan ketika menguji Pra PORA berada  di posisi pertama. Begitu juga atlet downhill Hendri mampu berada di posisi ketiga," jelasnya.

Ungkapnya,  ketika ikut uji di Pra PORA, ISSI Aceh Besar menurunkan enam pembalap road, lima downhil dan satu atlet BMX. "Kita berupaya terus meningkatkan prestasi atlet baik dalam  latihan maupun uji coba (try-out) di even-even, guna meraih target medali di PORA," katanya.

Ikut Pencanangan Hari Sepeda Nasional

Dalam kesempatan tersebut Zul Fahmi mengemukakan bahwa Pengkab ISSI Aceh Besar mendapat kehormatan diundang pada pencanangan hari sepeda nasional yang diadakan Kementerian Pemuda dan Olahraga di Surakarta, 18-20 November.

Dirinya menyatakan menghadiri acara tersebut. Selain Aceh Besar, ISSI Banda Aceh dan Gayo Lues juga diundang dalam pencanangan hari sepeda nasional yang akan dihadiri 90 Pengkab dan Pengkot ISSI di Indonesia.[DW]

Baca Juga