Kepala BPBK Abdya: Anggarannya Sudah Diusulkan Untuk Perbaikan Pasca Banjir

ABDYA - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) membutuhkan anggaran besar untuk menanggulangi sejumlah lokasi bencana banjir yang terjadi beberapa waktu lalu. Salah satu yang sangat mendesak sekarang adalah membangun tanggul pengaman obutmens jembatan Pulau Kayu Kecamatan Susoh yang sudah amblas ke sungai.

"Kita sudah mengusulkan anggarannya kepada Pemerintah Pusat, karena kalau kita pakai anggaran daerah tidak cukup untuk membangun tanggul pengaman tersebut karena butuh anggaran besar. Apalagi yang membutuhkan perbaikan bukan satu tempat saja," sebut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Abdya, Amiruddin kepada LintasAtjeh.com, Senin (13/11/2017), di Blangpidie.

Menurut Amiruddin, pasca terjadinya banjir beberapa waktu lalu memang tidak hanya tanggul penahan jembatan Pulau Kayu yang harus diperbaiki. Namun juga ada beberapa daerah aliran sungai yang harus dinormalisasi akibat terjadinya pendangkalan seperti halnya yang terjadi di daerah DAS Desa Ikhu Lhung, Kecamatan Jeumpa.

Dikatakannya lagi, pihaknya akan melakukan yang terbaik untuk memperbaiki daerah yang rusak akibat bencana banjir. Tentu saja butuh waktu dan perencanaan yang baku sehingga daerah terkena musibah bisa terbangun dengan baik.

"Kita telah mengusulkan anggarannya dan juga telah mendata daerah-daerah yang menjadi langganan banjir. Untuk daerah yang kita tanggulangi sekarang mungkin hanya sebatas anggaran yang ada saja, selebihnya kita tetap berharap bantuan Pemerintah Provinsi dan Pusat," demikian kata Amir.[ADI S]

Baca Juga