Kodim Atim Beri Wasbang dan Belneg Kepada Mahasiswa Unsam

LANGSA - Sebanyak 457 Mahasiswa Universitas Samudera (Unsam) Langsa ikuti pelatihan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) dan Bela Negara (Belneg) yang diselenggarakan oleh Kodim 0104/Aceh Timur selama dua hari berturut-turut mulai tanggal 4 dan 5 November 2017 di Lapangan PTPN-I, Desa Pondok Kelapa, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa.

Kegiatan tersebut dibuka dengan melaksanakan upacara pembukaan yang digelar di Halaman Kampus Unsam Langsa, Gampong Meurandeh, Kecamatan Langsa Lama, Kota Langsa, Sabtu (04/11/2017).

Dandim 0104/Atim Letkol Inf Amril Haris Isya Siregar, SE melalui Pabung Aceh Tamiang Mayor Inf Aidul Yani dalam sambutannya mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan saat ini adalah bentuk aplikasi dari Nota Kesepahaman (MoU) Kerjasama antara Kodim 0104/Atim dengan Unsam pada 19 September 2017 lalu ditandatangani oleh Dandim dan Rektor Unsam Drs. Bachtiar Akob, M.Pd, tentang pembekalan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara kepada Mahasiswa Unsam dalam kurun waktu sepuluh (10) tahun kedepan.
"Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki wawasan kebangsaaan dan bela negara yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945," tegasnya.

Oleh sebab itu, sambung Pabung, mahasiswa diharapkan mempunyai daya juang yang tinggi dan cinta tanah air, serta siap sedia dalam membantu mempertahankan keutuhan NKRI dari ancaman dan rongrongan yang datang dari dalam maupun luar.

Sementara itu, DR. Nurlina, SE, MSi selaku Wakil Rektor-3 Bidang Kemahasiswaan pada upacara pembukaan ikut menjelaskan bahwa seluruh mahasiswa peserta Wasbang dan Belneg kali ini diprioritaskan bagi mahasiswa yang tersaring dalam Program Bidik Misi Tahun 2016. 

"357 peserta dari Program Bidik Misi Tahun 2016 dan 200 peserta lainnya merupakan perwakilan dari seluruh fakultas yang ada disini," rincinya.

Hadir dalam upacara pembukaan tersebut diantaranya, Pasiops Dim 0104/Atim Kapten Arh Jumari, Danramil 18/Birem Bayeun Kapten Arh Nana Sutiana, Pasiter Kapten Czi Karsono, Presiden mahasiswa Unsam Syahrul Ramadhan, Para Dekan masing-masing Fakultas, Para Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Para Gubernur Mahasiswa, dan Perwakilan Fakultas Universitas Mahasiswa, serta 39 Prajurit Kodim 0104/Atim yang terlibat sebagai pelatih dan pendukung selama kegiatan Wasbang dan Belneg tersebut dilaksanakan.[Sm]

Baca Juga