Koramil Trumon Bekali Pengetahuan Wasbang Kepada Pramuka

ACEH SELATAN - Koramil 09/Trumon Kodim 0107 Aceh Selatan melaksanakan pembinaan Pramuka kepada para pelajar yang dipusatkan di SMA Unggul Kecamatan Trumon, Sabtu (18/11/2017).

Kegiatan tersebut diisi dengan pembekalan pengetahuan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) yang diikuti para pelajar SMA sederajat yang ada di wilayah Trumon dan Kecamatan Bakongan meliputi SMAN 1 Trumon Tengah, SMA Unggul Trumon dan SMAN 1 Bakongan.

Drs. M. Yusan selaku Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN Trumon Tengah membuka acara Wasbang sekaligus pertunjukan yel-yel oleh masing-masing peserta mewakili sekolahnya.

Adapun sebagai pemateri Wasbang dipercayakan kepada Danramil 09/Trumon untuk memberikan pembekalan terkait pemahaman arti dan makna dari pada Bhinneka Tunggal Ika yang merupakan moto atau semboyan bangsa Indonesia yang tertulis pada lambang negara Indonesia yaitu Garuda Pancasila.

Selanjutnya, kegiatan juga dimaksimalkan dengan aplikasi di lapangan sebagai acara tambahan yang merupakan cerminan untuk memperkuat pemahaman Wasbang yaitu materi PBB dan permainan outbond.

Seluruh peserta wajib mengikuti materi PBB dan outbond yang dibimbing langsung oleh sejumlah anggota Koramil Trumon diantaranya Serda Jumarding, Serda Rudy Hartono, Serda Bindu Lumban Gaol dan Kopda Abdul Majid.

Peserta yang mengikuti kegiatan Wasbang, PBB dan permainan outbond terlihat sangat antusias dan menikmati jalannya materi yang disuguhkan oleh pemateri hingga acara usai.

Kegiatan ini perlu dipupuk terus menerus kepada pelajar pramuka dalam mewujudkan generasi muda yang berkualitas untuk melanjutkan cita-cita pembangunan bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).[Red]

Baca Juga