LSM Geumaseh: RSUD Muyang Kute Jadi Rumah Sakit Khusus Bersalin?


ACEH TENGAH - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Geumaseh menyayangkan manajemen RSUD Muyang Kute yang menempatkan tenaga honorer kesehatan tidak sesuai dengan bidangnya. Hal ini terkait dengan informasi yang beredar di berbagai media bahwa membludaknya tenaga honorer bidan di RSUD Mayang Kute, Bener Meriah, Aceh Tengah. 

Ketua Bidang Advokasi Kebijakan Publik LSM Geumaseh, Abi A.H mempertanyakan hal tersebut. Seharusnya setiap tenaga kesehatan yang ditempatkan sesuai dengan bidang keilmuan serta tugas dan fungsinya. 

"Kenapa terlalu banyak bidan? Apakah RSUD Muyang Kute itu Rumah Sakit Bersalin? Pihak RS harus memberi klarifikasi terkait hal ini," ungkap Abi A. H dalam pesan elektroniknya kepada LintasAtjeh.com, Rabu (08/11/2017). 

Menurutnya, kualitas pelayanan kesehatan sangat dipengaruhi oleh staffing yang tepat sehingga asuhan yang diterima oleh pasien sesuai dengan harapan.

"Penempatan tenaga kesehatan yang tidak sesuai dengan keilmuannya akan menyebabkan kualitas pelayanan kesehatan rumah sakit rendah dan berpotensi besar terjadi malpraktek," ujar Abi A. H.

Sementara itu, LSM Geumaseh melalui Ketua Cabang Bener Meriah Gusri Wahyudi, mendesak direktur baru untuk segera menyelesaikan permasalahan tersebut agar hal ini tidak merambat kepada ruginya pengguna jasa pelayanan.

"Ini menjadi PR prioritas direktur yang baru untuk segera menyelesaikan permasalahan ini agar keberadaan RSUD Muyang Kute sesuai dengan yang di harapkan masyarakat Bener Meriah," harap Gusri Wahyudi yang juga masyarakat Bener Meriah.[*]

Baca Juga