Panitia Sayembara Hymne Aceh Terima 82 Karya Masyarakat

BANDA ACEH - Panitia Sayembara Hymne Aceh menerima 82 (delapan puluh dua) karya dari masyarakat yang berpartisipasi untuk diikutkan dalam sayembara Hymne Aceh ini.

Hari ini (21/11/2017), Panitia Hymne Aceh yang terdiri dari Steering Commite dan Organizing Commite serta Dewan Juri Sayembara Aceh melakukan rapat koordinasi dalam rangka persiapan demonstrasi yang akan dilakukan oleh seluruh peserta yang telah mengirimkan karyanya di depan dewan juri yang yang terdiri dari Tgk. Ibnoe Arhas, Teuku Indra Djohan, M. Yaocob Thailah yang akan menilai orisinalitas karya. Drs. Tgk. Ameer Hamzah, Tgk. Yahya Muad, SH, Prof. Dr. Eka Sri Mulyani akan menilai karya peserta tentang nilai-nilai agama, filososfi, sosiologis, historis, politis dan dinamika masyarakat Aceh.

Sedangkan penilaian tentang lirik akan dilakukan Prof. Abdul Gani Asyek, Barlian AW dan Dr. Bukhari Daud. Setiap karya yang telah dikirimkan juga akan dinilai tentang musik atau lagu serta instrument, nada dan irama yang akan dinilai oleh Fahmi Aiyus, Mulyadi dan Erwinsyah. 

Karya peserta hymne ini juga akan dinilai tentang estitika yang akan dinilai oleh Dr. Mirza Irwansyah, M.Sc, Dr. M. Adli Abdullah, SH, MCL serta Dr. Salmawati.

Dewan juri yang telah dibentuk oleh Dewan Perwakilan Rakyat Aceh, merupakan pribadi yang profesional di bidangnya masing-masing, berpengalaman serta merupakan hasil dari pengamatan dan masukan dari berbagai pihak sehingga terbentuknya Dewan Juri Sayembara Hymne Aceh.

Dewan Juri Sayembara Hymne Aceh, dipimpin oleh Dr. Mirza Irwansyah, sebagai Ketua dan Dr. M. Adli Abdullah, SH, MCL sebagai wakil ketua dan Ir. Erwinsyah sebagai sekretaris Dewan Juri Panitia Hymne Aceh.

Rapat koordinasi hari ini, Panitia Hymne beserta dewan juri melakukan persamaan persepsi tentang semangat hymne Aceh terutama menyangkut dengan kriteria Hymne Aceh yang telah ditetapkan oleh Panitia Sayembara Hymne Aceh.  

Panitia Sayembara Hymne Aceh memberikan kewenangan yang besar kepada dewan juri untuk melakukan penilaian secara independen tanpa bisa dipengaruhi oleh siapapun.

Sayembara Hymne Aceh juga mengundang publik untuk sama-sama menyaksikan demonstrasi karya peserta di ruang utama DPR Aceh sebagai wujud transparasi oleh Panitia Sayembara Hymne Aceh.

"Kita memberikan apresiasi kepada seluruh dewan juri yang memiliki komitmen yang sangat luar biasa untuk mensukseskan penyelenggaraan sayembara Hymne Aceh ini dan kita sangat yakin dengan kompetensi dewan juri di masing -masing bidang ini. Insya Allah hasil sayembara ini akan sesuai dengan harapan kita semua," ujar Tgk. H. Abdullah Saleh, SH, selaku dewan pengarah. 

"Ucapan terimakasih juga kita sampaikan kepada semua peserta yang telah mengirimkan karyanya kepada Panitia Sayembara Hymne Aceh. Ini juga akan dicatat sebagai sebuah sejarah bagi kita semua dalam upaya mewujudkan bahwa Aceh benar benar istimewa pasca MoU Helsinki," tutup Steering Commite.[Red/MAD]

Baca Juga