Panwaslu Kota Langsa Gelar Tes Tulis Bagi Calon Panwascam

LANGSA - Sebanyak 189 dari 206 peserta mengikuti tes tulis calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Langsa yang digelar oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Langsa di Aula Cakradonya, Jalan A. Yani, Kecamatan Langsa Kota, Selasa (21/11/2017). 

Dalam acara tersebut di hadiri Staf Sekretariat Bawaslu Aceh, Asri Sulistyanda Pratiwi dan Erika, Ketua Panwaslu Kota Langsa Muhammad Khairi, M.Pem.i, Komisioner Panwaslu Kota Langsa Riswandar, SE, Agus Syahputra, S.Sos, Sekretaris Panwaslu Kota Langsa M. Ikramullah, SE dan para Staf Panwaslu Kota Langsa. 

Muhammad Khairi, M.Pem.i dalam sambutannya mengatakan ujian tertulis ini merupakan tahapan dalam pelaksaan rekrutan bagi calon panwaslu tingkat kecamatan yang ada di Kota Langsa bertujuan agar tidak ada unsur kepentingan dari kelompok tertentu, sehingga ujian ini dianggap sangat perlu dilaksanakan. 

"Semoga proses pelaksanaan tahapan seleksi panwaslu kecamatan dapat diikuti dengan baik. Dari proses ini akan terjaring calon calon panwaslu kecamatan yang benar-benar memiliki kemampuan pemahaman tentang pemilu dan meliki integritas sebagai penyelenggara kelak," ujarnya.

"Sehingga nantinya mereka akan mampu mengemban amanah undang-undang sebagai Panwaslu di tingkat kecamatan dalam mengawal Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pokja Panwaslu Kota Langsa Agus Syahputra, S.Sos Kepada LintasAtjeh.com mengatakan, pelaksanaan kegiatan tes tulis tersebut diikuti oleh 189 Peserta darti 206 peserta yang lulus administrasi, sedangkan 17 peserta lainya tidak hadir untuk mengikuti tes tulis tersebut.

"Ujian tersebut berlangsung dengan waktu 120 menit dengan metode soal pilihan ganda," jelasnya. 

"setelah selesai tes tulis ini, soal ujian nantinya akan diperiksa dan dilanjutkan dengan pemusnahan soal dengan cara dibakar," tambahnya.

Agus juga menjelaskan, hasil dari ujian tulis ini akan diumumkan pada tanggal 22 November 2017 besok yang menjaring 6 peserta untuk 1 kecamatan, jadi jumlah calon Panwascam Kota Langsa nantinya tinggal 30 orang.

"Setelah tes tulis ini selesai dan mendapatkan 6 calon Panwascam dilanjutkan dengan tes wawancara yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini," pungkasnya.[Sm]

Baca Juga