Pemkab Aceh Besar Ajak Jaga Kondusifitas Pilkades Serentak

ACEH BESAR - Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang akan dimulai pada tanggal 18 November 2017, Pemerintah Kabupaten Aceh Besar menggelar rapat evaluasi dan persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Aceh Besar. Dalam rapat dibahas beberapa kendala yang terjadi di lapangan seperti kesalahan pemahaman terkait persyaratan calon kades.

Rapat evaluasi tersebut dibuka langsung oleh Asisten I Drs. Mukhtar di dampingi Abdullah, S.Sos, selaku Kabag Tata Pemerintahan. Sedangkan peserta rapat evaluasi dan sosialisasi adalah seluruh camat se-Aceh Besar, Rabu (08/11/2017), di gedung aula serbaguna Kecamatan Kuta Baro, Aceh Besar.

Kabag Tata Pemerintahan Aceh Besar, Abdullah, S.Sos, saat menyampaikan arahannya di gedung aula serbaguna Kuta Baro mengatakan, para camat dan panitia harus bisa tegas dan menjalani Perbup yang ada. 

Dikatakan Abdullah, peraturan yang ada sudah menjelaskan dengan gamblang persyaratan setiap calon kades. Oleh sebab itu, dirinya meminta untuk jangan takut dan tetap menjalankan tugas dengan baik. "Peraturannya sudah ada, sudah jelas, jadi kita jalankan sesuai aturan jangan takut dan harus tegas," ujar Abdullah.

Selain itu, dirinya juga meminta para camat untuk selektif dalam memeriksa persyaratan setiap calon. Seperti memeriksa ijazah para calon, harus benar-benar di cek kebenarannya. 

Menurut Abdullah, tahun ini memang ada perbedaan peraturan yang berlaku terkait Ijazah. Jika sebelumnya, persyaratan Kades hanya meminta Ijazah pendidikan terakhir untuk diserahkan.

"Maka tahun ini, ijazah yang diserahkan kepada panitia harus juga ijazah pendidikan dibawah pendidikan terakhir calon kades," Abdullah.

Sementara itu Asisten I Aceh Besar, Drs. Muktar saat dikonfirmasi LintasAtjeh.com, mengatakan persiapan dan tahapan yang dilakukan panitia Pilkades tiap-tiap kecamatan sudah berjalan dengan baik. 

Sampai saat ini tidak ada gejolak yang terlalu mencolok, dengan kata lain masih bisa diatasi dan tidak akan mengganggu jadwal yang sudah ditetapkan. "Secara umum, penetapan dan tahapan yang dilaksanakan berjalan dengan baik," ujar Muktar.

Dirinya pun berharap, Pilkades serentak perdana yang dilakukan Kabupaten Aceh Besar ini bisa berjalan dengan lancar dan aman hingga selesai nanti.

"Dirinya pun menghimbau kepada seluruh masarakat Aceh Besar untuk sama-sama menjaga kondusifitas pemilihan dan mengawal bersama semua tahapan yang dilakukan," harapnya.[DW]

Baca Juga