Pemkab Aceh Besar Lepaskan Kafilah MTQ ke-33 Provinsi Aceh di Idi

ACEH BESAR - Bupati Aceh Besar yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Drs. Iskandar, M.Si, melepas keberangkatan kafilah Aceh Besar untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-33 Provinsi Aceh di Idi, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (16/11/2017) pagi. 

Seremonial pelepasan berlangsung di Masjid Jamik Babussalam, Lamteungoh Kecamatan Ingin Jaya, kemarin, disaksikan unsur Forkopimda, kepala SKPK, Muspika Ingin Jaya serta rombongan pengantar. Kafilah Aceh Besar yang berangkat 93 orang terdiri atas 56 qari-qariah dan 37 pelatih dan offisial bertolak melalui jalan darat serta diperkirakan Kamis malam akan tiba di lokasi arena perlaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Aceh ke 33 tahun 2017 di Aceh Timur. Kafilah Aceh Besar rencananya akan memondok di Gampong Tanjong Kapai, Kecamatan Idi Timur, Aceh Timur. 

Sebelum pelepasan dilakukan, Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekdakab Aceh Besar, Drs. Iskandar, M.Si, menyatakan dirinya yakin dan percaya bahwa para peserta MTQ Aceh Besar.
"Insya Allah akan dapat mengikuti MTQ Tingkat Provinsi dengan baik, sesuai kemampuan yang dimiliki sesudah ditempa dan dibina oleh para pelatih selama ini. Yang paling penting adalah kesungguhan, keikhlasan dan nawaitu yang tulus serta mengharap ridha Allah SWT, dalam mengikutinya. Berjuanglah dengan kemampuan yang kalian miliki, Insya Allah dengan tampil maksimal dan menghasilkan hasil yang baik," ujarnya.

Terkait target, Bupati Mawardi Ali menegaskan bahwa Aceh Besar mempunyai potensi peserta yang cukup, dan siap bersanding di MTQ Provinsi. Pengalaman telah membuktikan bahwa dari tahun ke tahun prestasi Kabupaten Aceh Besar pada MTQ Provinsi terus meningkat, setelah dua tahun berturut-turut berhasil meraih peringkat juara umum kedua. Dimana pada MTQ Ke-31 Tahun 2013 di Kota Subulussalam telah berhasil meraih juara umum tingkat pertama dan pada MTQ Ke-32 di Nagan Raya dua tahun lalu Aceh Besar berada pada posisi ketiga.

"Insya Allah kita akan berusaha predikat yang telah kita raih tersebut dapat kita tingkatkan. Namun hal yang demikian mudah-mudahan tidak menjadi beban dalam mengikuti MTQ tahun ini. Yang penting fokus dan Insya Allah dapat tampil dengan maksimal sesuai kemampuan yang dimiliki," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Mawardi juga berpesan untuk terus menjaga kesehatan dan makanan sesuai yang dianjurkan, sehingga upaya menjaga kualitas suara dapat tercapai. "Harapan kita di MTQ ini kembali kita raih juara umum," ujarnya.

Sementara Ketua Khafilah Aceh Besar, Drs. Mukhtar, M.Si, yang juga Asisten I Setdakab Aceh Besar didampingi Sekretaris Kafilah Carbaini, S.Ag, yang juga Plt Kadis Syariat Islam, menjelaskan potensi untuk meraih kembali juara umum nantinya, pihaknya sangat optimis.

"Dari hasil try out yang dilakukan selama ini, Aceh Besar masih diatas peserta dari kabupaten/ kota lainnya," ujar Mukhtar.

Ditambahkan Carbaini, untuk cabang andalan kafilah Aceh Besar diantaranya, cabang Tilawatil Quran, Hafidt Alquran, Fahmil Quran, Syarhil Quran dan Khattil Quran. "Sedangkan jumlah cabang yang akan diikuti nantinya sejumlah 8 cabang lomba yaitu, Cabang Tilawatil Quran, Qira'ah Sab'ah, Tahfidh Alquran, Tafsir Alquran, Fahmil Alquran, Syarhil Alquran, Khattil Alquran dan Menulis Makalah Al Quran atau M2Q," pungkasnya.[*]

Baca Juga