Pemko Langsa Diduga Lakukan Intervensi Dalam Pemilihan Tuha Peut Serambi Indah

LANGSA - Panitia Musyawarah Pemilihan Tuha Peut (PMP TP) Gampong Serambi Indah, Kecamatan Langsa Barat, Kota Langsa melaksanakan pemilihan ulang Tuha Peut periode 2017-2023 di Kantor Geuchik Gampong Serambi Indah, Minggu (26/11/2017).

Ketua PMP TP Gampong Serambi Indah H.Baharuddin Djuned, SE, ST  saat dikonfirmasi LintasAtjeh.com mengatakan, karena masa jabatan Tuha Peut yang lama sudah berakhir, maka kami lakukan pemilihan yang baru. Dan dalam pemilihan Tuha Peut ini diikuti sebanyak 8 kandidat yaitu, Annisah, SE, Seriyati, Ibrahim Lubis, A. Jalil, TM. Darmaya, SE, Nurtini, H. Djamaluddin, SE dan M. Rizal, SE.

"Alhamdulillah, hari ini sudah selesai melakukan pemilihan tuha peut yang baru dari delapan calon yang maju. Dari 8 kandidat yang dipilih masyarakat gampong ada 5 orang yaitu, Annisah, SE, TM. Darmaya, SE, Nurtini, H. Djamaluddin, SE dan M. Rizal, SE," ujarnya.

"Oleh karena itu, kita berharap kepada nama-nama yang sudah dipilih oleh masyarakat Gampong Serambi Indah agar dapat bekerja secara maksimal dan harmoni, bermartabat dan dapat bersinergi dalam membangun gampong," harap H. Baharuddin yang juga Imum Chik Gampong Serambi Indah.

Baharuddin menjelaskan bahwa pemilihan Tuha Peut di Gampong Serambi Indah ini merupakan kali keduanya, karena sebelumnya di gampong tersebut dilakukan pemilihan pada Minggu, 9 juli 2017 lalu. Tetapi dikarenakan diduga ada intervensi dan dianggap tidak sah dari pihak Pemko Langsa, maka dilakukan pemilihan ulang.

"Walaupun pihak Pemko Langsa meminta PMP TP untuk menunda lagi pemilihan ulang ini, kami harus tetap melaksanakannya. Karena di Gampong Serambi Indah belum ada Tuha Peut," jelasnya.

"Kami menduga ada upaya dari pihak-pihak tertentu untuk terus berupaya menggagalkan pemilihan Tuha Peut gampong ini, dan pihak Pemko Langsa semestinya tidak terprovokasi dan langsung menerima pengaduan tanpa mengecek terlebih dahulu," imbuhnya.

Baharuddin juga menyampaikan, dalam pemilihan Tuha Peut yang baru saja selesai itu, jika ada pihak merasa tidak puas dengan hasil pemilihan tersebut untuk dapat mengajukan protesnya kepada PMP TP dalam waktu 2 hari ini.

"Bagi pihak yang menganggap pemilihan ini tidak sah, maka silahkan ajukan ke PMP TP dan harus dilengkapi dengan bukti. Karena pemilihan Tuha Peut Gampong Serambi Indah kami laksanakan secara demokrasi," pungkasnya.

Acara pemilihan Tuha Peut tersebut dihadiri, Babinsa Koramil Langsa Barat Kopda Supianto, Bhabinkamtibmas Polsek Langsa Barat Brigadir Fahrur Razi, SH, Sekdes Gampong Serambi Indah Ariadli Sukma I, para awak media, tokoh masyarakat dan pemuda serta masyarakat Gampong Serambi Indah.[Sm]

Baca Juga