Peringati Hari Pahlawan, Forkopimda Aceh Besar Laksanakan Ziarah ke Makam Malahayati

ACEH BESAR - Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali bertindak selaku inspektur upacara dalam memperingati Hari Pahlawan tahun 2017 di Lapangan Upacara Kampus Balai Pendidikan dan Pelatihan, Ilmu Pelayaran ( BP2IP) Malahayati Aceh, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Jumat (10/11/2017).

Hadir pada upacara itu, Wakil Bupati Aceh Besar Tgk. H. Husaini A Wahab, Ketua DPRK Sulaiman, SE, Sekdakab Drs. Iskandar, MSi, unsur Forkopimda, Rektor ISBI Aceh, para Staf Ahli Bupati, Asisten Setdakab, Kepala SKPK, para Camat, TNI/Polri, Muspika Mesjid Raya, para PNS, pelajar, OKP, Dosen dan Taruna BP2IP Aceh, serta tokoh-tokoh masyarakat.  

Dalam memperingati Hari Pahlawan tahun 2017 ini juga dipentaskan atraksi drum band dari Taruna BP2IP Malahayati Aceh.

Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali dalam sambutan saat menjadi Irup menyampaikan bahwa setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan yang merupakan momen refleksi untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan bangsa dalam perjuangan memperjuangkan kemerdekaan. 

"Kita sebagai rakyat Aceh khususnya Aceh Besar yang juga ikut memperjuangkan kemerdekaan, tidak sedikit para pejuang Aceh terdahulu yang jiwa pahlawannya patut kita jadikan inspirasi dalam memperjuangkan dan mengharumkan nama daerah," ungkapnya.

Dalam moment hari pahlawan kali ini, ia mengajak semua elemen masyarakat sebagai penerus generasi pahlawan Aceh, untuk mengenang kembali semangat para pahlawan terdahulu. Apalagi, pada Hari Pahlawan tahun ini seluruh rakyat Aceh perlu bersyukur dimana seorang pahlawan Aceh yang mulai tahun 2017 ini oleh Presiden RI Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 115/TK/2017 tentang penganugerahan gelar pahlawan nasional telah menetapkan Laksamana Malahayati sebagai Pahlawan Nasional.

"Laksamana Malahayati sangat pantas dinobatkan sebagai pahlawan nasional karena di dalam sosok Malahayati terdapat jiwa pemberani, pemimpin yang mengguncangkan  dunia saat memimpin armada laut Kesultanan Aceh abad ke 16," terang Mawardi Ali.

Pada kesempatan itu, Bupati Aceh Besar Ir Mawardi Ali juga mengutip amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, dimana dalam setiap rangkaian perjuangan kepahlawanan yang membentuk keIndonesiaan, kita dapat mengambil pelajaran dari api perjuangan para pendahulu kita, api yang menjadi suasana kebatinan dan pelajaran moral bagi kita semua.

"Republik Indonesia yang berdiri atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa ini dapat terus kita nikmati kemerdekaannya karena para pahlawan pendahulu kita mengajarkan kepada kita keteladanan rela berkorban," tegasnya.

Sementara itu, Kadis Sosial Aceh Besar, Jakfar, SP usai pelaksanaan upacara bendera kepada LintasAtjeh.com menjelaskan bahwa menjadi tradisi pelaksanaan upacara dan ziarah peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan dengan berpindah-pindah, dimana tahun sebelumnya ada di Makam Pahlawan Nasional Teuku Nyak Arief, Tgk Chik Ditiro dan lainnya. Tahun ini, sebagai mana diketahui semua dilaksanakan di Makam Laksamana Malahayati.

"Ini menjadi sejarah dimana pelaksanaan bertepatan pada penganugrahan beliau sebagai Pahlawan Nasional," tuturnya.

Usai pelaksanaan upacara, Bupati dan unsur Forkopimda Aceh Besar serta ratusan pelajar dengan lambaian bendera merah putih menyambut kedatangan rombongan Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI M Fachruddin, Wali Naggroe Aceh Tgk Malik Mahmud Al Haytar serta unsur pimpinan daerah Provinsi Aceh untuk melakukan ziarah dan peletakan karangan di Makam Laksamana Malayahati. 

Selanjutnya, semua rombongan menuju Masjid Miftahul Jannah, Gampong Meunasah Keude, Krueng Raya melaksanakan Shalat Jumat, dilanjutkan doa dan zikir serta makan siang bersama.

Kemudian, Panglima Kodam Iskandar Muda, Wali Nanggroe, dan seluruh jajaran pimpinan TNI/Polri, Bupati Aceh Besar dan unsur Forkopimda serta jajaran kepala SKPK Pemkab Aceh Besar melakukan tabur bunga di laut Krueng Raya yang berlangsung dari atas kapal perang KRI Teluk Gilimanuk, berjarak sekitar 2 mil dari Pelabuhan Malahayati. Upacara dipimpin langsung Danlanal Sabang Kol Laut Kicky Salvachdie sebagai Inspektur dan Mayor Yoni MK menjadi komandan upacara.

Panglima Kodam Iskandar Muda Mayjen TNI M Fachruddin dalam sambutannya menyatakan, momentum Hari Pahlawan kirannya semua anak bangsa untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Karenanya, marilah kita bersatu mengisi dan mempertahankan kemerdekaan guna mewujudkan masyarakat adil dan makmur," kata Mayjen TNI M Fachruddin.

Sebelum pelaksanaan Upacara tersebut, pada 09 November 2017 pukul 07.00 WIB kemarin, Bupati dan Wabup bersama Forkopimda serta pejabat jajaran Pemkab Aceh Besar melakukan doa dan ziarah ke Makam Laksamana Malahayati yang baru dianugerahkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia.[Rilis]

Baca Juga