-->




Simak yang Dilakukan Gubernur Irwandi di Jakarta, Mengejutkan!

17 November, 2017, 11.34 WIB Last Updated 2017-11-17T04:34:10Z
JAKARTA - Gubernur Aceh drh. Irwandi Yusuf, M.Sc, memaparkan sejumlah prospek kerjasama investasi Aceh di depan pengusaha dan Duta Besar dalam acara Aceh Investment Forum-Trade, Tourism dan Investment, di Shangri-La Hotel Jakarta, Kamis (16/11/2017).

Kegiatan yang difasilitasi oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu tersebut turut dihadiri Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI Thomas Lembong, Perwakilan Menteri Perdagangan RI, Perwakilan Kemenko Bidang Perekonomian RI, Perwakilan Kementerian Pariwisata, Sejumlah Duta Besar Negara sahabat, serta Anggota DPR RI Firmadez.

Selain itu hadir juga Wakil Ketua DPRA Teuku Irwan Djohan, para Bupati dan Walikota se-Aceh, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Aceh, Iskandar, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Aceh Mulyadi Nurdin, Kepala SKPA terkait, dan para pengusaha.

Irwandi menjelaskan, ada empat sektor yang menjadi prioritas investasi di Aceh masing-masing agroindustri, infrastruktur dan energi, pengembangan pariwisata dan pengembangan kawasan.

Irwandi menyebutkan untuk sektor agroindustri, Aceh memiliki sumber daya alam yang cukup besar, antara lain sawit dan kopi, dimana Aceh merupakan salah satu produsen sawit terbesar di Indonesia.

"Saat ini Aceh memiliki 45 perusahaan CPO, untuk itu kami mengundang saudara untuk membangun hilirisasi industry sawit, karena kita tidak ingin lagi mengekspor CPO, tapi produknya melalui refinery,," ujar Irwandi.

Selanjutnya kata Irwandi, Aceh juga dikenal sebagai salah satu produsen kopi terbaik dunia, dengan varian robusta dan Arabica. Dataran Tinggi Gayo, sebut Irwandi  merupakan penghasil kopi Gayo Arabika yang ditanam secara organik oleh petani sehingga tidak merusak lingkungan.

"Tahun 2016 lalu, lebih dari 9.595 ton biji kopi dari Aceh diekspor ke 23 negara, dan sebagian besarnya ke Eropa," lanjutnya.

Irwandi menambahkan, dari sektor energi, Aceh ditargetkan dapat menyediakan tenaga listrik berkapasitas 5000 MW. Oleh karena itu pemerintah Aceh mencari investor  potensial untuk membangun dan menjalankan pembangkit listrik tenaga air terbarukan dan energi panas bumi yang berlimpah sumbernya.

"Proyek ini juga sejalan dengan kampanye Nasional 35.000 MW yang diprakarsai oleh Presiden Jokowi," tambahnya lagi.

Selanjutnya untuk industri pariwisata, Aceh telah mengalami banyak kemajuan, seiring dengan terus meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan ke Aceh setiap tahunnya. Banda Aceh, Sabang, Simeulu dan dataran tinggi gayo diakui Irwandi sebagai destinasi wisata yang gencar dipromosikan. dan pada akhir tahun ini kata Irwandi, Aceh juga dipercayakan menjadi tuan rumah sail yang akan diselenggarakan di Sabang mulai tanggal 28 Nopember -5 Desember 2017.

"Pada kesempatan ini kami mengundang investor untuk membangun hotel dan infrastruktur pariwisata pada sejumlah destinasi potensial tersebut," lanjutnya lagi.

Irwandi mengakui untuk meningkatkan layanan investasi, Pemerintah Aceh juga telah membentuk Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu di seluruh Aceh. Hal itu dilakukan untuk memperkuat kelembagaan penanaman modal, sehingga layanan investasi diseluruh Aceh memiliki standar yang sama.

Selain itu Pemerintah Aceh juga telah membentuk Tim Task Force untuk membantu mengatasi hambatan pelayanan investasi. Tim ini, kata Irwandi untuk memastikan keterlibatan pusat/provinsi/kabupaten untuk memfasilitasi penanaman modal dan menemukan solusi atas permasalahan yang dihadapi pengusaha.

"Berbagai kemudahan juga kami tawarkan untuk meningkatkan iklim investasi di Aceh, termasuk perizinan online. Dengan system ini calon investor hanya butuh waktu tiga jam untuk mengurus perizinan. 

Ia berharap dengan fasilitas tersebut akan semakin mempermudah calon investor untuk membangun bisnis mereka di Aceh serta memberikan pelayanan yang lebih cepat, mudah dan efektif," lanjut Irwandi menjelaskannya.

Irwandi juga kembali meyakinkan semua pihak bahwa Aceh adalah tempat yang aman dan nyaman bagi investor domestik dan internasional untuk melakukan bisnis. Selain itu Aceh juga tempat yang nyaman dikunjungi wisatawan. Oleh karena itu Irwandi meminta kepada Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal RI agar berkenan supaya pelaksanaan regional investment forum tahun 2018, dilaksanakan di Aceh.

"Kami memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan Aceh sebagai tujuan investasi utama di Indonesia, dan kami yakin dengan potensi sumber daya alam dan geografis yang strategis, Aceh dapat menjadi sebuah kawasan investasi utama," ujarnya lagi.

Pada kesempatan itu Irwandi juga memberikan penghargaan Aceh Invesment Award kepada lima dari 23 kabupaten/kota di Aceh yang dinilai sudah baik dalam hal pelayanan perizinan penanaman modal, yaitu, Banda Aceh, Gayo Lues, Nagan Raya, Lhokseumawe dan Aceh Besar.[Humas Aceh]
Komentar

Tampilkan

Terkini