Viraaal! Kepedulian Kopda Zainal Amri Jadi Trending Topic


ACEH SELATAN - Kopda Zainal Amri dilahirkan di pantai selatan Aceh Selatan yaitu Kecamatan Kluet Selatan, tepatnya di Desa Rantau Binuang pada tanggal 12 Desember 1985 merupakan anak keempat dari pasangan suami isteri Bapak Adnan (almarhum) dan Ibu Pusmarni yang berprofesi sebagai petani, mempunyai 1 orang kakak (almarhum) dan 3 orang adik perempuan.

Sejak kecil, ia dibesarkan dalam lingkungan keluarga petani hingga cukup usia untuk mengikuti pendidikan, Zainal masuk SD lulus tahun 1998, SMP lulus tahun 2001, SMA tamat tahun 2004 dan selesai pendidikan umum (DIKUM) berkeinginan mengabdikan diri pada bangsa dan negara melalui jalur militer dengan masuk Secata PK Khusus NAD (Nanggroe Aceh Darussalam) pada tahun 2005 (saat itu Aceh sedang dalam masa konflik Darurat Militer) dan dilantik menjadi Prada TNI-AD.

Untuk mendukung karier militer dan selama menjalani kedinasan, Kopda Zainal telah mengikuti pendidikan militer dasar kejuruan Tamtama Infanteri serta mengawali tugas di Yonif 116/GS sebagai Tamtama Penembak Morri Kompi Senapan A (2006-2008) dan selanjutnya pada tahun 2009 hingga sekarang berdinas di satuan teritorial Kodim 0107/Aceh Selatan.

Berbekal kemampuan natural yang terlahir dari keluarga petani dan lingkungan serta pendidikan teritorial yang dimilikinya mengajarkan Zainal Amri bersikap sopan santun dan ramah tamah sehingga memudahkan untuk berkomunikasi sosial dengan masyarakat baik dengan kalangan atas maupun bawah, bahkan dengan anak kecil sekalipun.

Kopda Zainal Amri merupakan anggota Koramil 13/Kluet Timur dan salah satu Babinsa jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan yang pernah beberapa kali diangkat kisahnya terkait kedekatan dan keakrabannya dengan rakyat,  bahkan sempat viral di sejumlah media sosial menjadi perhatian publik dan menjadi buah bibir masyarakat. Seperti dikutip dalam media online LintasAtjeh.com dengan judul "Mengejutkan! Kopda Zainal Amri Lakukan Ini dengan Anak Desa", media nasional postnews, media nusantaraexspres, tribunnews, media online peloporwiratama.co.id, inbonia.blogspot.com, armymerahputih.blogspot, tniad.mil.id "Kehadiran Babinsa Selalu Dinanti Warga Termasuk Anak-Anak", WEBSITE tni.mil.id, media penerangan Korem 012/TU dan Kodam IM  dengan judul "Kedekatan dan Keakraban Babinsa dengan Anak Desa" serta masih banyak lagi media yang terpikat dengan kegiatan "human interest" seorang Kopda Zainal Amri.

Dalam hal berkoordinasi, Kopda Zainal Amri juga patut diacungi jempol. Kita ingat kembali pada saat jelang HUT TNI ke-72 tahun 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 05 Oktober, jauh-jauh hari (22/09/2017) ia sudah mempersiapkan dengan melakukan upaya mendatangi sejumlah tokoh masyarakat (Tomas) yang ada di Desa Binaanya Paya Dapur dengan tujuan berkoordinasi mengajak masyarakat menciptakan situasi aman dan lingkungan bersih.

(Baca: Persiapan HUT TNI ke-72, Kopda Zainal Amri Berkoordinasi dengan Tomas Seputar Keamanan dan Kebersihan Desa)

Tidak hanya itu saja, Kopda Zainal Amri juga memberikan kerja nyata dan dampak positif yang kuat kepada masyarakat. Pesan moral dalam menjalankan tugas yang ia sampaikan telah dirasakan oleh warga dan salah satunya adalah kepedulian terhadap orang tua. Tari Sani atau yang akrab disapa Nek Tari (100), warga Desa Alai, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan merasa terhibur dan kembali berarti dalam hidupnya semenjak kehadiran seorang anggota TNI AD di desanya bernama Kopda Zainal Amri.

Pasalnya, sosok Kopda Zainal Amri yang dikenal sopan dan santun dan selalu bisa memberikan kebahagiaan serta kepedulian terhadap orang tua membuat Nek Tari tersenyum dan tertawa lepas. Kebahagian bercampur haru ini juga karena Kopda Zainal membantunya mengangkat kayu bakar yang sudah ada ditumpukan untuk dimasukkan ke dalam rumah Nek Tari.


Suasana akrab kebersamaan antara Kopda Zainal Amri dengan Nek Tari memperlihatkan bahwa kekuatan dan keberhasilan TNI dalam memelihara dan mengikatkan kemanunggalannya dengan rakyat benar-benar terwujud. Tidak ada satupun yang dapat memisahkan TNI dan rakyat, sebab rohnya TNI adalah rakyat.

Untuk itu, Kopda Zainal Amri selalu menerapkan dirinya sebagai prajurit pejuang dan tentara rakyat dengan memantapkan kemanunggalan sebagai prinsip dasar dalam bermasyarakat, juga terkandung dalam Delapan Wajib TNI yang harus diamalkan oleh setiap prajurit yaitu bersikap ramah tamah terhadap rakyat, bersikap sopan santun terhadap rakyat, menjunjung tinggi kehormatan wanita, menjaga kehormatan diri dimuka umum, senantiasa menjadi contoh dalam sikap dan kesederhanaannya, tidak sekali-kali merugikan rakyat, tidak sekali-kali menakuti dan menyakiti hati rakyat serta menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.


Karena Delapan Wajib TNI yang diamalkan Kopda Zainal Amri, membuat Nek Tari yang sudah sangat tua itu merasa begitu berarti dan bangga kepada prajurit TNI bahkan beliau menganggap Zainal Amri seperti anaknya sendiri. Nek Tari sempat mengeluarkan kata-kata bahwa Kopda Zainal Amri sosok Prajurit yang peduli terhadap orang tua, rasa kepedulian dan kebersamaan yang membuat saya selalu bisa tersenyum.


Sebagai seorang prajurit TNI-AD sudah menjadi kewajiban bagi Kopda Zainal Amri untuk berbhakti kepada bangsa dan negara karena memang dirinya dari rakyat dan akan kembali kepada rakyat. Memberikan kebahagaian kepada Nek Tari suatu kebanggan yang tidak dapat dinilai dengan apapun.


Di usianya yang sudah mencapai seratus tahun, Nek Tari masih bisa berbagi kebahagiaan, tertawa lepas dan terpancar keceriaan diwajahnya yang berseri. Semoga apa yang dilakukan Kopda Zainal Amri dapat membantu masyarakat seperti Nek Tari untuk lebih bersemangat dan ceria serta bahagia di masa tuanya.


(Baca: Nek Tari: Kopda Zainal Amri Sosok Prajurit yang Peduli Terhadap Orang Tua)

Dan untuk diketahui, tulisan tentang Kopda Zainal Amri Sosok Prajurit Akrab dengan Masyarakat adalah berdasarkan fakta di lapangan dan menjadi  trending topic di media sosial, seperti yang diberitakan oleh media online:  LintasAtjeh.com (Nek Tari: Kopda Zainal Amri Sosok Prajurit yang Peduli terhadap Orang Tua), advokasirakyat.com (Kopda Zainal Amri Sosok Prajurit Sopan Santun terhadap Rakyat), haluanpos.com, media penerangan Korem 012/TU (Babinsa Kluet Timur Berikan Sejuta Kebahagian kepada Nek Tari), detikkasus.com (Kopda Zainal Amri Sosok Prajurit yang Peduli terhadap Orang Tua Paruh Baya dan Kerap Dipanggil dengan Sebutan Nek Tari) dan lain sebagainya.[Red]

Baca Juga