Marhaban Ya Ramadhan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1439 H Mohon Maaf Lahir & Batin Minal Aidzin Wal Faidzin.

150 Pelaku Latihan Terima Pembekalan Materi Penanggulangan Bencana Alam di Makodim Aceh Selatan

ACEH SELATAN - Sebanyak sejumlah 150 pelaku menerima pembekalan materi latihan dalam rangka melaksanakan latihan penanggulangan bencana alam yang diselenggarakan oleh Korem 012/TU, di Aula Makodim 0107/Aceh Selatan, Desa Lhok Bengkuang Timur, Kecamatan Tapaktuan, Senin (18/12/2017).

Sejumlah pelaku/peserta yang terlibat dalam latihan penanggulangan bencana alam meliputi unsur TNI dari Kodim 0107/Asel dan Yonif 115/Macan Lauser, Polres Asel, Basarnas, BPBD, PMI, RAPI dan Tagana serta Unsur Pemda terkait.

Dandim 0107 Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto melalui Plh Pasi Ops Kodim 0107 Aceh Selatan Kapten Inf Kamsita Sari menuturkan bahwa sesuai jadwal latihan yang susun oleh penyelenggara yaitu Korem 012/TU, pelaksanaan latihan direncanakan berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 18 sampai dengan 22 Desember 2017.

"Sesuai dengan rencana jadwal, kegiatan dilaksanakan selama 5 hari, mulai hari Senin sampai penutupan hari Jumat," ucap Kapten Inf Kamsita Sari.

Ia juga menyampaikan, komposisi latihan meliputi pada hari pertama dan kedua, pelaku akan menerima penyampaian materi berupa seputar pengetahuan dan protap penanggulangan bencana bertempat di Aula Makodim.

"Pada hari pertama senin sampai hari selasa diisi dengan pemberian materi  berupa teori pengetahuan dan protap penanggulangan bencana, long malap perawatan dan kesehatan, pendirian dapur lapangan dan tenda pengungsi, gelar komunikasi, pencarian dan evakuasi korban di darat/air," terangnya.

Selanjutnya, pada hari ketiga yaitu Rabu, gelar pasukan, pendirian posko bencana alam dan prosedur hubungan komando staf posko bencana alam yang dilaksanakan di lokasi taman pala Tapaktuan.

"Hari Kamis dan Jum’at, dinamika pelaksanaan penanggulangan bencana alam dan terakhir penutupan," tutupnya.
Tampak, seluruh pelaku antusias dan serius menerima pembekalan seputar pengetahuan penanggulangan bencana alam yang diberikan oleh Koordinator materi dari Pemda Asel dan Perwira yang ditunjuk Korem 012/TU.[Red]

Baca Juga