LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Bupati Mawardi Ali Buka Pelatihan Penguatan Kelembagaan Mukim se-Aceh Besar

ACEH BESAR - Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali membuka pelatihan penguatan kelembagaan mukim dalam rangka meningkatkan peran mukim dalam pembangunan Gampong, di Hotel Hijrah, Lambaro Kecamatan Ingin Jaya, Selasa (12/12/2017).

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRK Aceh Besar, Sulaiman, SE, Asisten 1 Bidang Pemerintahan Drs. Mukhtar, M.Si dan Kabag Humas dan Protokol M. Basir, S.STP, M.Si, serta dihadiri oleh seluruh Mukim se-Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 68 mukim.

Bupati Aceh Besar Ir. Mawardi Ali, menyampaikan rasa syukur dan bangga karena ini merupakan pertemuan pertamanya dengan seluruh Imuem Mukim se-Aceh Besar sejak dilantik Gubernur Aceh sebagai Bupati Aceh Besar.

Pada kesempatan itu, ia mengharapkan peran serta mukim dalam menjalankan pemerintahan dan perlu adanya pelimpahan wewenang. Namun sebelum sebagian wewenang dilimpahkan, Imum Mukim harus terlebih dahulu menyusun profil kemukimannya.

"Semua mukim dapat menyusun potensi-potensi wilayah dan segala data pendukung lainnya. Karena kedepan kita akan mengembangkan ekonomi berbasis mukim dan gampong," ujarnya.

Mawardi Ali selaku Bupati Aceh Besar sangat mengharapkan peran Mukim dalam membantu pemerintahan daerah untuk mewujudkan visi dan misi Pemkab Aceh Besar.

"Dalam mewujudkan itu, usulkan program kegiatannya dulu baru kita alokasikan anggaran dan para mukim harus menunjukkan jati dirinya dalam menjalankan tupoksinya sesuai aturan yang berlaku," pungkas Mawardi Ali.

Ketua penyelenggara yang juga Kabag Pemerintahan Setdakab Aceh Besar, Abdullah, S.Sos, melaporkan kegiatan yang berlangsung dua hari dan diikuti 68 peserta dari Imum Mukim dari seluruh Aceh Besar.

"Penguatan kelembagaan mukim ini merupakan upaya meneruskan perintah Undang-undang No. 11 tahun 2006 Tentang Pemerintah Aceh," terangnya.[DW]

Baca Juga