Danramil Kluet Selatan: Tanam Padi Perdana Awal Kebangkitan Pertanian!

ACEH SELATAN - Koramil 07/Kluet Selatan bersama Muspika Kluet Selatan dan Dinas Pertanian Aceh Selatan serta masyarakat melaksanakan tanam padi perdana di Desa Pasie Lembang, Kecamatan Kluet Selatan, Aceh Selatan, Kamis (30/11/2017).

Acara tanam padi perdana di lahan cetak sawah baru seluas 14, 5 hektar itu turut dihadiri Danramil 07/Kluet Selatan Kapten Inf Abdurrohim, S.Ag, Batituud Pelda Erfin Sormin, Kapolsek Kluet Selatan Ipda Sahrul, Kabid Produksi Distan Asel Murtaza. S.Ag, Mantri Tani Kluet Selatan Hendri, Keuchik Pasie Lembang, Asmadi, Tokoh Agama H.Mukhtar dan masyarakat. Tak ketinggalan Ketua Ranting dan anggota Persit Koramil Kluet Selatan.

Dalam kata sambutannya, Danramil Kluet Selatan Kapten Inf Abdurokhim, S. Ag, memaparkan tanam padi perdana adalah lanjutan dari program cetak sawah baru yang sebagian sudah siap untuk ditanam di lahan Poktan Merduati.

"Untuk luas lahan Poktan Merduati yang siap untuk di tanam sekitar 1hektar dan jumlah yang akan di garap seluas 14,5 hektar," terangnya.

Kata dia, kegiatan tanam perdana itu untuk mewujudkan swasembada pangan secara kesuluruhan di Kabupaten Aceh Selatan yang sudah memasuki musim rendengan tanam 2017/2018.

Selain itu, Danramil juga mengharapkan dengan adanya program cetak sawah baru menjadi awal kebangkitan pertanian Aceh Selatan. Kemudian petani Pasie Lembang menjadikan sebuah momentum untuk lebih giat lagi dalam menanam padi dengan menjadikan lahan ini tetap menjadi lahan sawah untuk kedepan.

"Ayo bersama kita bangkit, jadikan wilayah sebagai Lumbung padi, kepada petani. Setelah nantinya menjadi lahan sawah dan ditanami padi agar digunakan seterusnya dengan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan petani juga, khususnya masyarakat Pasie Lembang," pesan Danramil kepada masyarakat setempat.

Sementara, Kabid Produksi Dinas Pertanian Aceh Selatan Murtaza menyampaikan harapan yang sama kepada para petani agar kiranya merawat dan lebih giat lagi dalam hal bercocok tanam.

"Kita bersyukur dan berterimakasih kepada TNI yang sudah mau bekerjasama. Tiada hari tanpa pendampingan TNI yang maksimal kepada kita semua, maka rawat dan manfaatkan sebaik mungkin," ucapnya.

Perlu diketahui, program cetak sawah baru yang dikerjakan TNI dari Kodim 0107 Aceh Selatan bekerjasama dengan Dinas Pertanian merupakan sarana untuk mensejahterakan masyarakat yang notabene sebagai petani.

"Oleh karena itu, Pemerintah dalam hal ini memiliki harapan besar pada petani untuk tidak menyia-nyiakan bantuan sehingga tujuan kita bersama menjadikan Indonesia sejahtera dan menjadikan negara berdaulat pangan dapat terwujud," tegasnya.[Red]

Baca Juga