Marhaban Ya Ramadhan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1439 H Mohon Maaf Lahir & Batin Minal Aidzin Wal Faidzin.

Hebat! Panen Kacang, Bisa Juga Membantu Orang Lain 

ABDYA - Membuka lapangan kerja tidak harus menunggu jadi orang sukses dulu secara finansial, namun bisa dilakukan oleh siapa saja dan dimana saja tidak terkecuali yang dilakukan banyak petani. Yang terpenting, apa yang diperbuat benar-benar bermanfaat dan dapat membantu orang lain.

Hal tersebut diungkapkan Zakarya (43), Warga Desa Mata Ie, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang kesehariannya berprofesi sebagai petani, kepada LintasAtjeh.com, Selasa (19/12/2017).

Menurutnya, apa yang sedang dilakukannya saat sekarang ini juga bisa membantu banyak orang. Tentu saja sesuai dengan kemampuan yang ada, tinggal saja semua kita mau memanfaatkan waktu dan tidak menyia-nyiakan kesempatan.

"Bayangkan saja untuk memanen kacang tanah dengan luas puluhan hektar tidak mungkin dikerjakan oleh keluarga sendiri atau ketua kelompok tani dan anggotanya saja. Namun kita juga memperkerjakan orang lain, artinya kita juga bisa membantu orang lain walau hanya musiman," sebut Zakarya.

Sambungnya lagi, untuk memanen kacang di lahan yang dimilikinya hampir 1 hektar itu, ia memperkerjakan 3 hingga 6 orang dan ditambah tempat orang lain yang satu hamparan dengannya. Ini semua kita lakukan untuk saling berbagi di lingkungan tempat tinggal atas nikmat yang kita dapatkan.

"Insya Allah usai panen kacang, kita langsung menyiapkan lahan untuk tanam padi dan kita perkirakan bisa terkejar untuk mensukseskan pogram pemerintah," ujarnya.

Ia juga berharap untuk kedepannya pemerintah melalui dinas terkait bisa lebih tepat dalam mengatur waktu tanam serta memanfaatkan waktu pasca panen yang waktunya lumayan lama.

"Contohnya saja kami pasca panen padi beberapa waktu lalu, bisa memanfaatkan waktu untuk bercocok tanam kacang tanah dan sekarang panen. Ditambah lagi bisa tanam padi mengikuti jadwal musim rendengan tahun 2017," demikian kata Zakarya.[ADI S]

Baca Juga