-->




HUT ke-72 Aceh Selatan, 10.000 Tanda Tangan Masyarakat dalam Pencegahan Narkoba

24 Desember, 2017, 20.26 WIB Last Updated 2017-12-24T13:26:18Z
ACEH SELATAN - Presidium Masyarakat Aceh Selatan melakukan seruan peryataan sikap kepada masyarakat untuk Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Pemkab Aceh Selatan, yang berlangsung di Lapangan Naga, Kecamatan Tapaktuan, Minggu (24/12/2017) pagi.

T. Ariefin Asmara, SH, MH, selaku Ketua Presidium Masyarakat Aceh Selatan pada wartawan menyampaikan apresiasi positif kepada masyarakat Aceh Selatan dan Pemerintahan Kabupaten Aceh Selatan terhadap pelaksanaan seruan bersama penandatanganan kain putih sepanjang 72 meter ini oleh Masyarakat Aceh Selatan.

"Penandatanganan itu merupakan komitmennya terhadap P4GN di Aceh Selatan dan sekitar. Sudah saatnya Pemkab melaksanakan pembangunan moral masyarakat, tidak hanya pembangunan fisik semata. Karena pembangunan fisik dan moral masyarakat harus dilakukan berbarengan agar pondasi bangsa, anak-anak bangsa terjaga," katanya.

Sebab, kepedulian pemerintah harus sejak dini kepada putra putri AcehSelatan. Apalagi, kata dia, pembangunan masyarakat seutuhnya melibatkan berbagai stake holder, dan juga dapat dilakukan dari berbagai dimensi kehidupan.

"Karena masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya juga mempunyai hak dan tanggung jawab dalam hal P4GN sesuai perintah Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika khususnya pasal 104 dan 105," ujarnya.

Lanjutnya, dalam kegiatan HUT ke-72 Aceh Selatan ini juga dimeriahkan Acara funbike/Fun walk yang dilakukan oleh Pemkab Aceh Selatan sendiri dan bekerjasama dengan Serambi Indonesia. Kegiatan penandatanganan seruan bersama  perang terhadap Narkoba di Aceh Selatan atau dengan sebutan populer "Kota Pala" ini setelah usai acara funbike/funwalk dilaksanakan.

Sementara itu, Kadispora Aceh Selatan Syamsul Rizal mengatakan dari sejumlah kupon yang beredar dipastikan sepuluh ribu peserta Funbike/Funwalk akan memenuhi jalanan kota Pala dan dengan semangat membangun dan menyatakan dirinya perang terhadap narkoba.

"Dapat dipastikan rangkaian kegiatan yang memeriahkan HUT ke-72 Aceh Selatan, akan menggelora membakar semangat terhadap kepedulian semua pihak untuk mencetak generasi Bangsa bebas dan bersih dari barang haram seperti narkoba," katanya.

Senada dengan itu, Sekretaris Daerah Pemkab Aceh Selatan Nasjuddin, SH, mengatakan di dalam hari jadi Kabupaten Aceh Selatan yang ke-72 ini dengan semangat empat lima akan menyukseskan deklarasi Anti Narkoba di Kota Pala ini menuju Aceh Selatan bersih narkoba.

"Kita berharap semua masyarakat secara bersama-sama bahu membahu untuk mensosialisasikan P4GN ini baik kepada anak didik, mahasiswa, pemuda, kaum ibu dan masyarakat umumnya, agar kedepan tidak ada lagi komponen bangsa ini yang tidak mengetahui bahaya penyalahgunaan narkoba terutama masyarakat jangan terkecoh dengan iming-iming imbalan besar uang yang diperoleh agar mereka bisa menjadi kurier narkoba," ucapnya.

Lanjutnya, semua masyarakat harus tahu narkoba itu adalah barang haram dan bertentangan dengan hukum dunia dan akhirat serta bahaya yang sangat berakibat fatal bagi korban yang sudah kecanduan.

"Harapan kita, mereka yang sudah menjadi korban narkoba dapat direhabilitasi secara medis dan sosial," harapnya.

Sementara H.T. Sama Indra selaku Bupati Aceh Selatan juga mengharapkan kepada instansi terkait di Aceh Selatan agar benar-benar serius dalam program P4GN.

"Ini merupakan komitmen kita dalam melaksanakan pembangunan manusia seutuhnya demi keturunan anak cucu kita dimasa yang akan datang. Kita akan upayakan memasukkan materi P4GN terintegrasi dalam kurikulum pendidikan dalam bentuk Peraturan Bupati Aceh Selatan," ungkap Bupati TS.

Amatan wartawan, Gerakan 10.000 tanda tangan dukungan masyarakat Aceh Selatan sekitarnya, dalam pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba yang digelar di Stadion Olah Raga Tapaktuan berjalan sukses. Terlihat antusiasme masyarakat Aceh Selatan dalam membubuhkan tanda tangannya sebagai tanda anti dan siap memerangi narkoba.[FA]
Komentar

Tampilkan

Terkini