LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Ketua KIP Aceh Timur Ungkap Kendala Regulasi Pemilu 2019

ACEH TIMUR - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Timur menggelar Focus Group Discussion (FGD) Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu dengan Stakeholder dalam Kabupaten Aceh Timur, terkait adanya peraturan baru tentang tahapan penyelengaraan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019 mendatang, Senin (11/12/2017).

Acara tersebut berlangsung di Hotel The Royal Idi dihadiri antara lain Ketua KIP Aceh Timur Iskandar A. Gani, Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum, Wakil Ketua DPRK Aceh Timur Syamsul Akbar, Kasi Pidum Kejari Idi Tarmizi, Danramil 08/Idr Idi Rayeuk Kapten Inf. Suharno, Kepala Kesbangpol M. Amin, Dosen Universitas Malikussaleh Amrizal J Prang, Ketua Panwaslu Kabupaten Aceh Timur, Komisioner KIP Aceh Timur, Ketua Partai Politik di Aceh Timur, Ketua Ormas, LSM dan Organisasi Wartawan Aceh Timur.

Ketua KIP Aceh Timur, Iskandar A. Gani saat membuka acara tersebut mengatakan sebagai bagian dari penyelenggara pemilu, pihaknya masih menemukan berbagai kendala yang terjadi di lapangan terkait dampak dari regulasi yang ada.

"Adapun regulasi yang baru yaitu peraturan KPU nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu  tahun 2019 nanti," ujarnya.

Dijelaskannya, dengan adanya undang-undang yang baru tersebut, serta dengan berbagai persoalan yang ada pihaknya wajib mensosialisasikan.

"Pihaknya berkewajiban untuk menginformasikan dan mensosialisasikan aturan baru tersebut dalam penyelenggaraan tahapan Pemilu 2019 nanti," tandas Iskandar.

Sementara itu, Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum, dalam sambutannya mengatakan dengan FGD ini, pihaknya ingin adanya persamaan persepsi dengan stakeholder terkait dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 nanti dapat berjalan lancar, sukses dan terkendali.

"Berkaca dari Pemilukada tahun kemarin, kami berharap Pemilu tahun 2019 mendatang khususnya di Aceh Timur bisa lebih aman, nyaman dan lancar sehingga situasi kamtibmas tetap terjaga. Kami dari Polres Aceh Timur siap memberikan pengamanan maksimal dalam rangka pemilu tahun 2019," kata Kapolres.

"Kita berharap semua pihak bersinergi dan bersama-sama menjaga kondusifitas Aceh Timur untuk mensukseskan Pemilu agar berjalan aman dan damai. Semua pihak juga harus menghindari dan mencegah adanya isu-isu yang bisa memecah belah persatuan," tegas AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum.[MLD]

Baca Juga