Kodim Aceh Selatan Laksanakan Tanam Padi Perdana di Lahan Cetak Sawah Baru Ujung Padang

ACEH SELATAN - Kodim 0107 Aceh Selatan melaksanakan tanam padi perdana di lokasi lahan cetak sawah baru wilayah Koramil 07/Kluet Selatan, tepatnya di Desa Ujung Padang, Kluet Selatan, Kamis (07/12/2017). 

Kegiatan tersebut turut dihadiri Dandim 0107 Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto diwakili Danramil 07/Kluet Selatan Kapten Inf Abdurrohim, Kadis Pertanian Asel, Camat kluet Selatan Saiful Helmi, SH, Kapolsek diwakili Bripka Rahmat, Bati Tuud Koramil 07/KS Pelda Erfin Sormin, Kepala BPP Kluet Selatan Khairul Fatah, Keuchik Ujung Padang Mistar beserta perangkat dan masyarakat Poktan. Tak ketinggalan Ketua Ranting Persit Koramil 07/KS Ny Abdurokhim dan anggotanya. 

Mengawali acara, Keuchik Ujung Padang, Mistar menyampaikan kata - kata sambutan bahwa warga Desa Ujung Padang mengucapkan terimakasih karena dengan adanya cetak sawah baru menjadikan kemajuan dalam bidang pertanian. 

"Desa kami yang dulunya hutan dijadikan persawahan, ini sebuah kemajuan. Para petani dapat mengembangkan pertanian dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat," ucapnya. 

Ia juga mengatakan, masyarakatnya sangat mengharapkan bimbingan dari Kadis Pertanian dalam melakukan proses tanam padi. 

"Bimbing kami bagaimana cara yang sekarang ini masih tradisional diarahkan ke modern," pinta Keuchik. 

Dalam kesempatan yang sama, Danramil 07/Kluet Selatan Kapten Inf Abdurrohim mewakili Dandim mengatakan, agar menjadikan lahan sawah ini sebagai sarana utk mensejahterakan para petani dan pergunakan sawah ini sebaik-baiknya. 

"Sawah yang telah dicetak untuk masyarakat  dapat digunakan secara baik. Sehingga pemerintah tidak sia-sia membantu program cetak sawah ini," ungkapnya. 

Danramil menerangkan, sawah yang siap tanam seluas 10,5 hektar dan yang akan digarap seluas 46,1 hektar. 

"Dalam waktu dekat dan sesegera mungkin agar ditanam, untuk kemajuan masyarakat Ujung Padang," jelas Danramil Kluet Selatan. 

Sementara, Kadistan Asel Yulizar mengungkapkan terimakasih kepada TNI dan kodim 0107/Asel serta koramil 07/kluet Selatan yang sudah bekerja keras menyelesaikan pengerjaan cetak sawah baru di Desa Ujung Padang

"Dengan upaya dan usaha pemerintah menciptakan lahan perluasan cetak sawah baru ini dapat menjadikan masyarakat lebih sejahtera," sebutnya. 

Lanjutnya, sekarang dengan adanya cetak sawah baru, masyarakat Desa Ujung Padang sudah bisa mencoba penanaman padi dengan cara modern. 

"Mulailah dengan budaya modern agar hasil pertanian meningkat," katanya. 

Kadistan Asel juga mengingatkan kepada masyarakat Ujung Padang, seusai dilaksanakan perjanjian serahterima dengan Dandim diharapkan sawah yang sudah disiapkan untuk tanam padi tidak boleh ada penanaman sawit. 

"Lahan cetak sawah baru ini untuk ditanami padi, karena kebutuhan kita bangsa Indonesia ya padi dan beras, mudah - mudahan Ujung Padang jadi contoh pertama keberhasilan pertanian di Aceh Selatan," tutupnya.[FA]

Baca Juga