Masyarakat Antusias Rayakan HUT Ke 72 Aceh Selatan

ACEH SELATAN - Perayaan Hari Jadi Kabupaten Aceh Selatan ke-72 Tahun 2017 yang dilaksanakan di Alun - Alun atau di depan Kantor Bupati Aceh Selatan, Jalan Teuku Ben Mahmud, Tapaktuan, Kamis (28/12/2017)  berjalan lancar dan sukses.

Pelaksanaan peringatan HUT Aceh Selatan ke- 72 yang dihadiri Staf Ahli Gubernur Bidang Hukum dan Politik, Nurdin Husin, SH, MH tersebut diawali dengan penampilan kesenian Rapa'i Geleng dari Kecamatan Sawang.

Bupati Aceh Selatan, HT Sama Indra, SH dalam sambutannya mengatakan, momentum memperingati HUT Aceh Selatan ke 72 adalah sebagai upaya  melakukan evaluasi dan introspeksi, terhadap apa yang sudah, sedang   dan yang belum dilaksanakan dalam mensejahterakan rakyat.

"Peringatan hari jadi ke-72 Aceh Selatan tahun 2017 ini bertemakan “bersama membangun Aceh Selatan terdepan". Mungkin selama ini,  kita sempat terjebak pada pemahaman yang sempit dan pragmatis tentang arti kebersamaan dalam konteks luas dalam pola hidup individual dan berkotak-kotak," katanya.

Sehingga, sambung Bupati, sulit untuk bangkit dan berkembang. Hal tersebut dikarenakan adanya pergeseran nilai kebersamaan yang cenderung pluralis. Oleh karena itu, ia mengajak semua elemen sebagai anak bangsa  agar mempersatukan kembali perbedaan yang berpotensi memicu konflik sosial dengan informasi sesat dan menyesatkan ditengah masyarakat.

"Dengan menggunakan berbagai media termasuk media sosial yang akhir-akhir ini menjadi viral dengan terbentuknya berbagai opini dan interpretasi," jelasnya.

Selain itu, ia mengajak seluruh masyarakat Aceh Selatan agar menyukseskan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan tahun 2018. Dikarenakan beberapa bulan lagi Aceh Selatan akan melaksanakan pilkada tersebut.

"Kami mengajak seluruh lapisan  masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan agenda  nasional pilkada Bupati dan Wakil Bupati tahun 2018 dengan menjaga kondusifitas daerah agar perhelatan akbar demokrasi ini dapat berjalan aman, damai,  sukses dan lancar sebagai mana kita harapkan," ajaknya.

Sementara itu, Ketua Panitia, H. Nasjuddin, SH, MM yang juga Sekdakab Aceh Selatan mengatakan bahwa kegiatan peringatan HUT Aceh Selatan sudah menjadi agenda setiap tahun Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan.

"Pelaksanaan hari jadi Kabupaten Aceh Selatan bertujuan agar semua elemen masyarakat khususnya generasi kedepan mengetahui sejarah terbentuknya daerah ini," sebutnya.

Pelaksanaan peringatan HUT Aceh Selatan, selain dihadiri Staf Ahli Gubernur Aceh, juga dihadiri unsur Forkopimda, para Asisten, Staf Ahli Setdakab Aceh Selatan, Kepala SKPK, para Anggota DPRK, para Camat, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, para Imum Mukim dan Keuchik serta undangan lainnya. 

Kegiatan ditutup dengan penampilan tarian massal oleh puluhan  siswa gabungan tingkat SLTP dan SLTA serta mahasiswa dari Sanggar Bunga Pala, asuhan Hj. Cut Harnailis, SP. Dalam tarian massal tersebut juga ditampilkan drama kolosal tentang legenda Kota  Tapaktuan, pertarungan Tuan Tapa dengan seekor Naga yang sedang memperebutkan seorang putri raja. [FA]

Baca Juga