Marhaban Ya Ramadhan Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1439 H Mohon Maaf Lahir & Batin Minal Aidzin Wal Faidzin.

Sukabumi Diguncang Gempa 6.9 SR Berpotensi Tsunami

SUKABUMI - Gempabumi tektonik mengguncang  wilayah Sukabumi, Jum'at (15/12/2017). Hasil analisis  BMKG menunjukkan bahwa  gempabumi terjadi pada pukul   23:04:39 WIB dengan kekuatan M=4.5 Skala Richter dengan  episenter terletak pada koordinat  7.29 LS dan 106.69 BT, tepatnya  pada jarak 48 Km Barat Daya Sukabumi-Jawa Barat pada  kedalaman 50 km.

Hal itu disampaikan Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Joko Siswanto, S.Sos, dalam broadcast mesenger.

Dijelaskannya, peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG  menunjukkan bahwa dampak  gempabumi berupa guncangan  dirasakan di Wilayah Sukabumi dan sekitarnya. Berdasarkan laporan masyarakat gempabumi dirasakan  di daerah Jampang dan Surade I SIG-BMKG (I-II MMI).

"Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan," tuturnya.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, terangnya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan  gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng  Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia yang  mengakibatkan deformasi batuan.

"Hasil monitoring BMKG hingga  saat ini menunjukkan belum terjadi  gempabumi susulan. Untuk itu  kepada masyarakat di daerah  wilayah Sukabumi, Jawa Barat dan  sekitarnya dihimbau agar tetap  tenang," kata Joko Siswanto, S.Sos.

Namun, beberapa waktu kemudian beredar pemutakhiran informasi gempabumi Sukabumi yang dirasakan warga dari Jakarta, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur berkekuatan 6.9 SR dan berpotensi tsunami di Jabar, Jateng dan DIY.

"Pemutakhiran Peringatan Dini Tsunami di JABAR,JATENG,DIY, Gempa Mag:6.9SR, 15-Dec-17 23:47:58WIB, Lok:7.75LS,108.11BT,Kdlmn:107Km," kata seismologis BMKG Setyoajie Prayoedhie lewat pesan singkat, Sabtu (16/12/2017).[*]

Baca Juga