Ustaz Felix Siauw: Abu Janda Berarti Bapaknya Janda

JAKARTA – Felix Siauw sempat membuat lelucon atas gelar yang dipilih Permadi Arya dengan sebutan Abu Janda. Bagi ustaz kelahiran tahun 1984 itu, nama Abu Janda cukup aneh untuk digunakan sebagai panggilan.

"Abu Janda berarti bapaknya janda, Masya Allah, Alhamdulillah," ujar Felix dalam Indonesia Lawyers Club tvOne, Selasa, 5 Desember 2017.

Tak pelak kelakar nama panggilan Abu Janda dari Felix itu pun langsung disambut riuh oleh penonton.

Awal mula sindiran Felix ini bermula ketika pria kelahiran Palembang ini menyanggah pernyataan soal bendera Hizbut Tahrir Indonesia dan bendera Rasulullah yang dijelaskan Abu Janda.

Dalam pernyataannya, Felix membantah jika foto yang ditampilkan Abu Janda soal bendera Rasulullah yang diketahuinya. Ternyata sepengetahuan Felix itu adalah bendera milik Ustmani (sahabat Nabi Muhammad SAW).

"Mudah-mudahan ini bukan dari kesombongan. Tidak ada yang lebih tahu tentang Ustmani dari pada saya, Insya Allah, dan bendera yang tadi disampaikan itu bukan bendera Rasulullah," ujar Felix.

Permadi Arya memang menggunakan nama populer Abu Janda al-Boliwudi. Nama ini muncul ketika ia memparodikan akan menentang panglima ISIS di Suriah pada tahun 2014.

Saat itulah lewat jejaring sosial Youtube, nama Abu Janda melambung dan langsung menjadi panggilan untuk pria asal Jakarta tersebut.

Pria ini memang kerap bermain di media sosial, dan kerap menuai kontroversi dalam pernyataannya. Bahkan awal Januari lalu, Nahdlatul Ulama sempat mengeluarkan pernyataan bahwa Abu Janda bukan bagian dari NU.

Pernyataan itu membantah klaim Abu Janda yang kerap menggunakan nama NU dalam akun jejaring sosialnya. [viva]

Baca Juga