Buntut Klaim Trump Atas Yerusalem, Sejumlah Ormas dan OKP di Atam Gelar Aksi Peduli Palestina

ACEH TAMIANG - Kebijakan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump yang memindahkan Ibu Kota Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem (Al-Quds) sebagai Ibu Kota Israel oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump, pada 6 Desember 2017 lalu, telah menimbulkan aksi kepedulian bersama dari umat Islam di seluruh dunia terhadap Palestina, termasuk umat Islam di Kabupaten Aceh Tamiang.

Hari ini, Jum'at (19/01/2018), sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Organisasi Kepemudaan (OKP) di Kabupaten Aceh Tamiang menggelar aksi peduli untuk Palestina. Usai shalat Jum'at, peserta aksi yang dikoordinir oleh Syahri Ramadhan (38) melakukan longmarch dari titik kumpul, di depan Masjid Syuhada, Desa Bundar, Kecamatan Karang Baru, menuju Kantor DPRK Aceh Tamiang.

Sejumlah Ormas dan OKP yang bergabung dalam aksi tersebut diantaranya, Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), KORDA, BKPRMI, IKRAM, PERINDU, REFAL, Aksi Cepat Tanggap Cabang Banda Aceh, FORSIMA, ATELONIKA, IMM, GAMS, FRIMA, IKADI, POSPERA, Laskar merah Putih (LMP), KPRS RSUD Aceh Tamiang, PEMA Unsam, dan PEMA IAIN Langsa. 

Perhelatan Aksi Peduli Palestina yang digelar di halaman gedung DPRK Aceh Tamiang, dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu pembacaan do'a untuk Palestina, serta menggelar aksi teatrikal Palestina dengan menampilkan drama kolosal (Kebiadapan zionis Israel terhadap warga negara Palestina).

Para petinggi serta tokoh yang menyampaikan orasi adalah, Rektor STAI Aceh Tamiang Dr. H Samindan Prang SH.MH, Kepala Syariat Islam Syahri S.Ag, Wakil Bupati HT. Insyafuddin ST, dan Wakil Ketua I DPRK Aceh Tamiang Juanda, SIP. Setelah penyampaian orasi, dilanjutkan dengan penyerahan petisi berupa pernyataan sikap oleh perwakilan mahasiswa kepada wakil Ketua I DPRK Aceh Tamiang, Juanda, SIP untuk diteruskan kepada pemerintah pusat.

Aksi Peduli Palestina yang dimotori oleh sejumlah Ormas dan OKP di Kabupaten Aceh Tamiang, mampu mengumpulkan dana untuk Umat Islam di Palestina sejumlah Rp.67.223.500 (Enam Puluh Tujuh Juta Dua Ratus Dua Puluh Tiga Ribu Lima Ratus Rupiah).[ZF]

Baca Juga