LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Dandim Banda Aceh: Prajurit Harus Netral, Tidak Terlibat Pilkada 2018!

BANDA ACEH - Komandan Kodim 0101/BS Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, S.IP, memberikan arahan kepada seluruh anggota Koramil jajaran Kodim 0101/BS, walaupun di Tahun 2018, wilayah Kodim tidak ada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), akan tetapi para anggota harus tetap menjaga netralitas TNI.

"Tidak ada anggota yang terlibat pada proses Pilkada 2018 di wilayah tetangga nanti, tunjukkan bahwa kita tetap netral," terang Dandim.

Hal itu disampaikan oleh Dandim 0101/BS Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto, S.IP, pada saat memberikan Jam Komandan, bertempat di Aula Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0101/BS, Jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah Nomor 32, Gampong Baro, Baiturrahman, Banda Aceh, Senin (22/01/2018).

Dikatakan, apabila ada anggota yang mengenali dengan salah satu pasangan calon (Paslon) dari suatu partai di wilayah tetangga, jangan ada yang melakukan suatu kegiatan bersama paslon itu dengan menggunakan pakaian dinas, didalamnya, karena hal itu dapat menjadi suatu polemik di dalam masyarakat.

"Jika kita kenal dengan salah satu paslon tersebut, maka jangan sekali-kali kita berpakaian dinas lakukan suatu kegiatan, seperti berkunjung ke tempat paslon yang kita kenali itu," ucap Dandim.

Lanjut Dandim, di Tahun 2018 ini juga, merupakan suatu ancang-ancang dalam menyambut Tahun 2019, karena di Tahun 2019 nanti akan ada dua kegiatan pemilihan yakni diantaranya Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg).

"Dalam dua kegiatan pemilihan di Tahun 2019 mendatang terkait netralitas TNI, tidak ada penggunaan fasilitas militer, seperti kendaraan, personel dan tempat militer yang dipakai dalam dua kegiatan tersebut," imbuh Dandim.

Diakhir arahannya, Dandim berpesan kepada seluruh anggota tetap semangat dalam melaksanakan tugasnya di lapangan sehari-hari dan mengenai Pilkada 2018 di wilayah tetangga, agar menyikapinya dengan menjunjung tinggi Netralitas TNI.

"Menyikapi hal itu, saya berpesan junjung tinggi netralitas TNI, agar kita tidak terjerat ke dalam hukum," pungkas Dandim.[0101/BS]

Baca Juga