Launching Gerakan Pengendalian OPT Padi, Bupati Atam Himbau Lestarikan Budaya Kenduri Turun Sawah

ACEH TAMIANG - Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang menggelar acara launching (peluncuran) Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) pada tanaman padi, Senin (22/01/2018).

Perhelatan acara yang dilaksanakan di areal persawahan Kampung Sapta Marga, Kecamatan Manyak Payed tersebut, turut dihadiri oleh Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH, M.Kn.

Tujuan dari Program Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) Padi yaitu: Pertama, petani harus mampu memproduksi dan memanen tanaman padi dengan baik. Kedua, petani harus mampu mengendalikan serangan hama, diantaranya hama putih palsu, penggerek batang padi dan hama lainnya. 
Kepala Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Tamiang, Al Fuadi, SP, dalam laporannya menyampaikan, luas areal penanaman padi pada tahun 2017 adalah 29.455 Hektare dengan jumlah 829 kelompok tani (Koptan), dan 89 orang penyuluh. 

"Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat memotivasi para petani dalam penggunaan pestisida yang tepat, mengingat areal yang ditanami begitu luas sehingga tidak terjadi kerugian yang besar kedepannya," ungkap Al Fuadi, SP.

Sementara itu, Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH, M.Kn, menyampaikan bahwa pelaksanaan ibadah memiliki kaitan dengan bertani. Dengan ibadah para petani memohon do’a kepada Allah SWT untuk kesuburan tanaman padi dan dijauhkan dari hama yang bisa merugikan.

Bupati juga sempat bercerita panjang lebar tentang 'bagaimana' tradisi yang dilakukan para petani jaman dahulu. Melakukan do'a bersama dan melaksanakan kenduri pulut kuning di areal persawahan dengan harapan agar hasil panen mendapat berkah yang melimpah serta terhindar dari gangguan hama. 

"Selain menggunakan pestisida yang tepat, saya juga berharap kepada para petani agar masih meneruskan tradisi kenduri bersama saat turut ke sawah," demikian himbauan yang disampaikan oleh Bupati Aceh Tamiang, H. Mursil, SH, M.Kn, 

Turut hadir pada acara peluncuran (launching) Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) Padi yang dilaksanakan di areal persawahan Kampung Sapta Marga diantaranya adalah Asisten Ekonomi dan Pembangunan Drs. Rudiyanto, Kadis Kominsan Amiruddin Y, Camat Manyak Payed Wan Irwansyah, S.STP, para Ketua Kelompok Tani juga Tokoh Masyarakat.[ZF]

Baca Juga