Ribuan Warga Jeumpa Meriahkan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW

ABDYA - Masyarakat Desa Alue Sungai Pinang dan Kuta Jeumpa, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar kegiatan keagamaan bersama dalam rangka memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang dihadiri ribuan warga.

"Maulid Nabi yang kita adakan serentak antara dua desa memang sudah berlangsung sejak lama dan kegiatan tersebut rutin dilaksanakan setiap tahunnya secara bersama-sama. Bisa dikatakan sudah menjadi agenda wajib pada saat bulan Maulid datang," sebut Kepala Desa Alue Sungai Pinang M. Daodsyah yang didampingi Kades Kuta Jeumpa Lukman kepada LintasAtjeh.com, Minggu (07/01/2018), di Jeumpa.

Menurut mereka, kegiatan Maulid yang diselenggarakan bersama-sama ini tidak lepas dari peran dan motivasi serta semangat tinggi semua elemen masyarakat. Ini terus dipertahankan dalam rangka mewujudkan persatuan dan kesatuan umat.

Disisi lain, jelasnya, Maulid yang digelar hari ini merupakan Maulid kedua dan ketiga bagi sebagian masyarakat. Sebelumnya mereka juga telah melaksanakan peringatan Maulid pada setiap masjid, musholla, pesantren serta ditambah lagi dengan Maulid desa yang digelar hari ini sebanyak enam dusun/lorong pada dua desa.

"Alhamdulillah dari enam dusun/lorong yang melaksanakan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang ada pada dua desa, berlangsung tertib dan aman. Ada enam desa yang kita undang untuk memeriahkan kegiatan hari ini, baik dalam yang desa yang ada dalam Kecamatan Jeumpa maupun desa dari kecamatan tetangga," kata kedua Kades M. Daodsyah dan Lukman.

"Usai kita peringati Maulid pada siang hari akan dilanjutkan ceramah akbar pada malam harinya. Untuk penceramah sendiri telah diputuskan pada musyawarah beberapa waktu lalu dengan mengundang penceramah dari Kabupaten Nagan Raya yaitu Tgk. Bukhari yang merupakan Ketua MPTT Nagan Raya," terangnya.[ADI S]

Baca Juga