LintasAtjeh.com Menginspirasi, Mengedukasi dan Mencerdaskan Generasi Anti Hoax.

Awal 2018, Kesadaran Pengendara Tertib Lalulintas di Abdya Meningkat

ABDYA - Kesadaran masyarakat terhadap tertib lalulintas di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) jauh lebih baik diawal tahun 2018 dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Kita lihat perubahan pengendara roda dua sudah mulai tampak diawal tahun ini, peraturan berlalulintas sedikit demi sedikit mulai dipatuhi dan itu terlihat diwaktu jam-jam sibuk," kata Kasat Lantas Polres Abdya, Iptu Adel Taufik kepada LintasAtjeh.com, Selasa (20/02/2018), di ruang kerjanya.

Menurutnya, kesadaran pengendara roda dua di Abdya diperkirakan sudah mencapai 80 persen. Ini semua terjadi karena pendekatan yang dilakukan dengan pengguna jalan raya sangat baik, dari mengingatkan hingga penindakan yang sifatnya masih mengajak untuk tertib lalulintas karena manfaat dari itu semua langsung dirasakan pengendara.

Tidak hanya itu, katanya lagi, untuk mencapai angka tertib lalulintas di daerah Kabupaten Abdya lebih baik. Pihaknya setiap hari Senin selalu mengunjungi sekolah sekaligus menjadi inspektur upacara, untuk mengingatkan para siswa agar selalu mematuhi rambu-rambu lalulintas sejak dini dan memakai kelengkapan lengkap saat mengemudi kendaraan.

"Pada prinsipnya apa yang kita ingatkan itu, besar manfaat untuk pengendara, bukan untuk kita. Contoh kecil saja, manfaat memakai helm, kalaulah terjadi kecelakaan paling tidak kepala tidak terbentur langsung dengan benda - benda keras, jelas manfaatnya ada," sebutnya meyakinkan.

Lanjutnya, berbagai upaya akan dilakukan demi keselamatan bersama, upaya itu harus pula dibaringi dengan kesadaran pengendara untuk mematuhi semua aturan dan tata tertib berlalulintas.

"Jika ini semua bisa berjalan dengan semestinya, Insya Allah angka kecelakaan dapat kita tekan sedikit demi sedikit. Kita sangat berharap kepada semua pengendara untuk mematuhi dan mentaati aturan main di jalan raya, akan tidak ada artinya penindakan yang sering dilakukan, kalau angka kecelakaan meningkat setiap bulannya. Untuk itu mari kita semua saling bergandeng tangan demi tertib lalulintas yang manfaatnya juga untuk kita semua," demikian himbau Kasat Lantas Adek Taupik.[ADI S]

Baca Juga