-->




Hasil Panen Padi di Lokasi Cetak Sawah Baru Labuhanhaji Barat Lampaui Target

24 Februari, 2018, 03.11 WIB Last Updated 2018-02-23T20:11:08Z
ACEH SELATAN - Bati Tuud Koramil 10/Labuhanhaji Barat Pelda Rafli Armaji menyampaikan produksi panen padi di lokasi cetak sawah baru Desa Pante Geulima mencapai 7 hingga 8 ton per hektar.

"Pada tahun sebelumnya hasil panen padi Petani Labuhanhaji Barat rata-rata  6,3 ton per hektar. Alhamdulillah kali ini sejak 2017 ada program cetak sawah baru sudah mencapai 7 bahkan ada beberapa titik yang 8 ton per hektar dalam satu areal persawahan," sebut Pelda Rafli kepada awak media, Jum'at (23/02/2018).

Hasilnya memang bervariasi, sambungnya, pada waktu panen perdana yang dihadiri Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto pada hari Rabu (21/02/2018), hitungan hasil ubinan hanya 5 ton per hektar.

"Namun yang sawah dipinggir jalan besar hasilnya 8 ton, dekat pagar sekolah 7 ton. Jadi jika kita hitung rata-rata mencapai sekitar 7 ton per hektar," terangnya.

Jadi, menurut Bati Tuud, hasilnya sudah melampaui target dan diatas standar nasional. Karena target nasional itu 5 ton per hektar.

Semestinya, ungkap Pelda Rafli, jika tidak  ada gangguan serangan hama tikus dan burung, hasil panen di lokasi cetak sawah baru ini memang sangat luar biasa.

"Kita bisa jamin itu, paling banyak kita bisa dapat hasil panen 7 ton lebih per hektar," pungkasnya.

Sementara Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Kav Hary Mulyanto saat menerima laporan hasil panen dari Batuud mencapai rata-rata 7 ton merasa sangat bersyukur.

"Alhamdulillah, kita bersyukur tahun ini  bisa mencapai hasil panen yang luar biasa, ini adalah hasil jerih payah selama ini. Semoga dengan menjadi pelopor dalam meningkatkan swasembada pangan bisa membius masyarakat petani untuk lebih semangat," ucapnya puas atas hasil yang dicapai.

Tampak, Babinsa Koramil 10/Labar Serda Fahrurroji bersama kelompok tani Gali Baru Desa Pante Geulima melaksanakan panen padi di areal cetak sawah baru dengan luas panen hari ini 1,05 hektar.

Diketahui, luas keseluruhan lahan cetak sawah baru tersebut adalah 7,6 hektar. Program yang dikerjakan oleh Kodim 0107/Aceh Selatan melalui Koramil 10/Labuhanhaji Barat.

Atas hasil yang dicapai, masyarakat setempat sangat berterimakasih kepada Dandim dan Koramil atas usaha dan upaya meningkatkan kesejahteraan petani serta bisa mewujudkan swasembada pangan di Aceh Selatan.[Red]
Komentar

Tampilkan

Terkini